Bougenville 12, Part 3 – Jabat Tangan Spesialis THT


Sang surya kembali terbit dari sela gunung Sago. Cerah dan langit diliputi awan yang putih. Surat rujukan telah siap dan ku taroh di dalam sebuah map kuning dengan rapi, lengkap dengan fotokopian kartu ASKES dan beberapa lembar foto diri. Pagi ini aku akan berangkat, berdua saja dengan ibu sambil mengendari motor matic dari arah kediamanku.

Payakumbuh terlihat asri seperti biasanya kala itu. Jalanan tampak sedikit lengang dan sangat tenang. Berbeda sekali dengan hiruk pikuk lalu lalang kendaraan yang biasa ku temui setiap pagi di pelataran Fakultas Kedokteran dan di depan RS M Jamil Padang. Tak ingin terburu-buru, kami berdua menyusuri pusat kota berbelok ke arah simpang Benteng Payakumbuh tempat dimana Rumah Sakit Adnan WD berada. Setiba di sana, turun dari motor dan berjalan menghampiri ruang resepsionis rumah sakit.

Ternyata diluar dugaan, pagi-pagi begini pun ternyata pelataran rumah sakit telah ramai dikunjungi calon pasien. Jumlahnya tak sepuluh dua puluh orang, ratusan pun ada sepertinya. Mimik dan gaya mereka beragam, mulai dari yang “terlihat” berpangkat, hingga masyarakat menengah dan kecil. Semua sibuk mengantri giliran.

Setelah surat rujukan beserta kartu ASKES telah ku selipkan ke dalam map antrian, tiba pulalah saatnya aku berdua dengan ibu menunggu giliran hingga namaku terpanggil. Sebetulnya aku sendiri tak paham benar alur prosedur rujukan ini, tapi sedikit-sedikit ku belajar memahami. Ketika biodataku telah terisi, aku beranjak ke bagian pendaftaran calon pasien baru, memberi secarik kertas yang diselipkan resepsionis sebelumnya dan kembali menunggu. *huft..

Prosedur rujukan puskesmas memang harus dilalui dengan sabar satu per satu. Hingga ketika namaku kembali terpanggil rasanya lega sekali. “Silahkan tunggu di poli THT giliran ke-7″. Giliran ke-7, lumayan lah.. ternyata yang berobat ke Poli THT pagi itu tidak sebanyak yang aku bayangkan sebelumnya. Sendirian saja, mencari-cari ruang poli THT yang terletak di lantai dua rumah sakit. Ibuku menyusul kemudian, beliau sebelumnya terlebih dahulu berangkat mengajar murid-muridnya di salah satu sekolah menengah kejuruan di kota ini.

Setiba di poli THT, agak kaget. Tidak ada orang sama-sekali, kecuali beberapa petugas jaga yang terlihat baru membuka pintu poliklinik rumah sakit di Payakumbuh ini. Ternyata jam segini baru buka, kalau tidak salah pukul 9.30 pagi.

“Syandrez Prima Putra.” Akhirnya aku masuk jua ke ruang poli THT setelah satu jam menunggu tanpa kejelasan. Aku masuk ke dalam ruangan, duduk manis di depan meja anamnesis dan bersiap menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terlontar dari mulut sang petugas poliklinik. Ada dua orang disana, perempuan. Satu masih muda, satu lagi sepertinya seumuran dengan ibu. Berseragam putih-putih, tapi aku ragu apakah mereka dokter atau bukan. *ckck..

Status yang diselipkan ke poli THT atas nama Syandrez Prima Putra mulai diisi. Aku mulai ditanya tentang keluhan yang aku rasakan. Malas bertele-tele, langsung saja aku sampaikan maksud kedatanganku. Aku hanya ingin dioperasi dan dirujuk ke M.DJamil Padang. Meski begitu aku harus tetap menceritakan hal-hal yang patut aku sampaikan. Tapi petugasnya manggut-manggut. Ternyata dokter THT belum datang. *hoahh.. walhasil setelah status dan keluhan utamaku dituliskan dalam secarik kertas, aku kembali disuruh mengantri menunggu kedatangan dokter spesialis THT yang berhalangan itu.

Dua jam telah lewat. Tidak terasa, dokternya belum jua datang. Husnudzan saja. Pasien pun mulai berjibun. Tapi aku tetap berusaha sabar dan menunggu. Ibu datang kemudian, lalu ku ajak makan. *ini mulai gak penting. ckck

Dr.dr.Chairul,Sp.THT telah datang. Dokter spesialis THT yang cukup tersohor di kota Payakumbuh. Sepertinya beliau satu-satunya. Aku memang pernah berobat sekali dengan beliau, saat itu pendengaranku terganggu akibat infeksi serumen yang membatu dan pada saat yang sama aku menderita DBD. Setidaknya beliau pernah menanganiku dahulu, sehingga ketika namaku terpanggil dan harus menghadap beliau, akupun tak lagi canggung.

Aku suka style beliau. Santai, interaktif, merakyat, dan malas memakai jas putih yang biasa dipakai dokter. ckck.. Ukuran badannya juga gak jauh dengan badanku. Cuman beliau lebih kurus lah. *Hha. Kalau dilihat sekilas mungkin tidak terlihat seperti layaknya seorang dokter. hhe.. *hahh menggosip –”

“Fistula Preauricular Dextra Congenital!” Dengan lantang beliau mengucapkan. Secarik kertas berjudul Surat Rujukan siap ditandatangani. Awalnya beliau hanya menyarankankanku untuk rutin membersihkan fistel (saluran) kecil yang terdapat di telinga kananku, tapi operasi sepertinya akan jauh lebih baik dan tepat dilakukan saat ini.

Tekadku telah bulat, tangan beliau telah ku jabat. “Kirimkan salam saya untuk FK Unand.” ujar beliau. Saya jadi manggut-manggut mendengarnya. Ternyata beliau masih ingat kalau saya adalah anak FK yang pernah beliau rawat dua tahun yang lalu.. “Semoga lekas sembuh.” ^^

to be continued..

9.16 AM

About these ads

40 thoughts on “Bougenville 12, Part 3 – Jabat Tangan Spesialis THT

  1. maaf mas dokter saya mau tanya, apa fistula preauricular bisa sembuh kalo di operasi? kira-kira biayanya berapa ya?

    terima kasih

    • insya Allah mas..pengalaman saya sejak operasi 6 bulan yll smp sekarang alhamdulillah gak berulang lagi infeksinya. biasanya sy bisa kena infeksi 1x sebulan. sy juga punya teman yg sekarang usianya dah 20 tahun, pernah op juga waktu masih SD. sampai skrg alhamdulillah juga gak pernah kambuh lagi.

      sensasi pasca operasi kadang terasa gatal di sekitar fistel, kata dokter itu bagus krna stimulasi pertumbuhan sel saraf.

      kalo pake askes, biasanya lebih murah. pengalaman saya kemarin sekitaran 300 ribuan aja, itupun karna saya membeli obat yg lebih paten pasca operasi.

  2. Alhamdulillah….berarti fistula nya bisa menutup ya mas? kalau untuk bayi, operasinya nunggu usia berapa kira2 mas? takut salah2. ini tergolong operasi besar atau kecil ya mas?
    maaf banyak tanya2 nih…mas dokter…

    • setahu saya bukan menutup, tapi fistula (saluran)/ sinus (lobang) itu benar-benar diangkat. Operasinya disebut sinektomi (pengangkatan sinus). Jadi nanti dimasukkan semacam zat kontras melalui lobang kecil di preauricularnya, dipantau dari monitor kemana2 aja salurannya, lalu setiap bagian yg tdpt saluran itu diangkat. Kulit luarnya kmd disayat lalu baru dilakukan sinektomi. setelah itu kulit luarnya kembali ditutup, lobang kecil di preauricular juga akan otomatis hilang (terangkat).

      operasi diindikasikan jika sudah ada gejala infeksi berulang (peradangan) dan jika udah mengganggu aktivitas. Kalau tidak, cukup jaga saja kebersihannya. Jika bengkak, cukup dikompres dingin dan diberi antibiotik (konsul ke dokternya). Untuk operasi karena nanti di anastesi total (karena lokasinya di kepala), setahu saya operasi hanya boleh dilakukan jika bayi >6 bulan n berat badannya ideal. Tapi jika tidak terlalu bermasalah lebih baik operasi jika sudah besar saja. lebih baik konsultasi lgsg ke dokternya mas. :D

      • oh gitu ya mas, berarti bisa sembuh total ya. apa salurannya bisa ke seluruh bagian kepala atau ke otak atau ke hidung ya? maaf, tanya lagi. maklum bukan dokter.
        terima kasih sebelumnya mas.

  3. hm..rasanya kalau sampai ke sluruh kepala jarang lah, lagian dia berada di bwh kulit. kalau ke otak rasanya gak mungkin, karena ada tengkorak yg mlindungi. maaf jk jawabannya blm mmuaskan, sy mesti baca lg. :D
    maklum baru mahasiswa. :)

    • oh gitu…maaf mas kalau banyak tanya2. Terimakasih sudah menjawab semua pertanyaan saya. maaf sudah merepotkan. sukses selalu ya mas.

  4. Artikelnya menarik mas.
    Riwayat medis telinga saya dan mas-nya hampir sama dengan saya.
    saya juga pernah mengalami infeksi serumen yang mengeras 2x. pengobatan pertama dan kedua penanganannya dibersihkan dan dikasih obat tetes biayanya sekitar 160rebu di RS.Fatmawati Jakarta selatan. waktu itu 2x jadi total 320rebu.tapi tidak sembuh.
    terakhir terkena infeksi serumen saya bawa berenang sebelum periksa kedokter. Besoknya saya periksakan dan Alhamdulillah efek dari berenang itu melunakan serumennya. Dokter bilang … “Nah … ini udah kebuka nih” .. dan hal itu memudahkan pembersihan telinga saya oleh sang dokter. Dan Alhamdulillah sampai sekarang saya tidak terkena infeksi telinga lagi. Biaya nya waktu itu sekitar 180ribu di RS.ELizabeth Bekasi, tanpa dikasih obat tetes. Bahkan beberapa hari setelah itu sisa serumen itu keluar sendiri sehabis mandi. Bentuknya pipih bening keruh sebesar kuku jari kelingking(tangan loh), agak lunak. Saking dendamnya sama serumen yang buat saya Sakit saya tindes-tindes sisa serumen itu.
    Dan sekarang saya terganggu dengan lubang kecil yang ada di daun telinga saya. setelah baca artikel mas-nya akhirnya saya tahu bahwa yang saya alami itu disebut “Fistula Preauricular Dextra Congenital”. Tapi saya belum berani nih buat surgery-nya.
    Btw boleh tanya? … setelah operasi apakah luka sayatnya berbekas? atau tidak berbekas sama sekali?
    Terima kasih atas perhatiannya …

    • haha..sampai segitunya dendam sm serumen..

      hm kalo saran dr saya, kalo gak infeksi berulang ga di opp jg gpp, soalny sy jg punya teman d kampus yg sama persis tp dy gak ada keluhan, jd ga mslh.
      kalo di opp, tentu ada bekasnya, terlebih kalau memang sudah sering infeksi, krna infeksi itu sndiri jg bkal merusak kosmetik kulit. bg saya kmarin itu, krna udah ‘terlanjur’ mengganggu, mkanya dioperasi..

      smg mmbantu :)

      • saya belum begitu mengerti nih tentang infeksi fistula gejalanya seperti apa. Teman saya juga ada yang mempunyai fistula. Dari yang saya baca Infeksi fistula itu bisa berupa keluarnya cairan bening agak keruh dan jumlahnya sedikit sekali(setetespun ngga) cuman mengeluarkan bau busuk. sedangkan intensitas keluarnya cairan itu, saya belum menemukan artikelnya. apakah sering atau tempo-an, tempo keluar tempo ngga.
        Sekarang,bahkan dari dulu(dari SD bahkan) saya juga mengalami fistula yang mengelurakan cairan dan bau busuk. tapi tidak rutin dan itu berlangsung sampai sekarang. Secara fisik sih tidak sakit cuman menjadi halangan dalam pergaulan. (hu hu hu… petetik banget hidup gw). Apakah yang saya alami sama dengan mas syandez, dan apakah itu sudah dimasukan kedalam infeksi fistula?
        Makasih yah atas responnya. Helpfull banget.

  5. for lui:
    persis spt apa yg km bilang, sy jg dari kecil spt itu. cuman, pas sudah smp, sma, sampai kuliah, infeksinya lebih berat, bahkan sampai bengkak dan nyeri banget, spt habis kena tonjok, memar, gede lah pokoknya. lama2 dia mengerucut dan meletus, shg kluarlah cairan2 itu. *masa kelam. makanya karna kjadian itu udah berulang dan bkin stres, sy mmilih operasi.

    • Tengkyu pisan nih gan infohnya…
      deeuuuhhh dari dulu saya juga rese banget nih ma lubang.
      kalo mau cukur rambut juga suka was-was. karena kadang2 kesentuh aja mengeluarkan cairan. Solusi sebelum cukur dirumah pasti saya bersih-bersih dulu dengan cara menekan-nekan fistulanya.
      Sekali lagi tengkyu banget. Tinggal saya cari info berapa biaya operasinya saja sekarang. OKay … c u

  6. @mas sandurezu . saya mau tanya , saya menderia fistula yg preauricular . apakah operasi itu bius total , dan sehabis operasi tb apakah sakit ?

  7. hari ini saya menderita bengkak dan sakit mas , sudah berulang2 , dan saya takut operasi .. takut dengan suntik mas , gmn kl tdk di operasi dan apakah bengkak ini bisa mengempis dan kluar nanah sendiri ? dulu saya sering teken bengkak sampai keluar nanah di lubang kecil tersebut dan sembuh , sekarang saya pencet susah keluar dan yg ada malah sakit sekali dan malah membesar. tlg mas

    • kalau sedang bengkak jg dipencet, makin sakit jdny, risiko infeksi jg.
      biasanya dy memang meletus sendiri kalau sampai bernanah..tp kalau sampai meletus dia bakal ninggalin sisa jaringan parut..
      kompres dingin saja dulu pke es sampai dia kempes lg, kalau sakit minum sj obat anti inflamasi spt parasetamol..

      operasi itu tidak boleh dilakukan pas dy sedang meradang, justru harus steril. persiapannya banyak, mesti dirawat bbrp hari dan disuntik kortikosteroid sm konsumsi antibiotik minimal 4 hari sblm op, dan ssudah op.. tp kalau infeksinya berulang dan mngganggu aktivitas, alangkah lebih baik operasi..insyaAllah tidak kambuh lagi.
      kalau mau operasi, ya bius total. sy sudah operasi, insyaAllah sampai sekarang sudah hampir 1 tahun alhamdulillah gak kambuh lagi.

      smgt :)

  8. ini saya sdah di kluarkan nanahnya gan , saya au operasi tp msh mikir , soalnya sya takut dengan infus , yg bebau suntik saya takt gan, pas anda di infus sakit sekali?ini bengkaknya sudah tidak soalnya kemarin malem di buka trus di sedot nanahnya .. saya coba dl kl saya ga pegang2 dan jaga kebersihan kambuh tdk , kl kmbuh lagi saya operasi saja jalan terbaik ,,, terimakasih gan , blog anda sangat berguna gan , GBU

  9. sip gan..jaga aja kebersihannya baik2..kalau terasa gatal gpp dipegang pake tissue aja buat ngeluarin nanahnya lagi. hbs itu bersihin pake handsanitizer/ alkohol biar steril.. jaga kondisi badan jg, biasanya kalau kehujanan atau daya tahan tubuh kurang n disaat yg sama kebersihan kurang terjaga dia bs kambuh lg..

    diinfus itu pas pertama kali dipasang emg sakit, tp pas infusnya udah kpasang udh ga mslh gan..
    smgt gan :)

  10. gan aku kambuh lagi ni . km ada nmr hp ga?? untuk menyembuhkan bengkak gmn ?aku dulu bengkak aku tunggu 1mingguan , trus aku pencet kluar nanah dr lobang kecil , trus sembuh . 5bln kemudian kambuh lagi . emng jng smpe di pegang2 ya itu fistula nya? tp kt dokter hrs sering bersihin fistulanya ngeluarin cairannya . pdhl aku rutin ngeluarin cairannya , tp msh kena , aku kan pas musim hujan badan panas drop dia kambuh lg

    • mgkn via email aj y gan, hp sering ganti nomer
      syandrez@gmail.com

      bagusnya konsul aja sm dokternya lg gan, krna yg tau pasti masalahny emg dokter ybs.. emang pas daya tahan tubuh lg drop fistelnya suka meradang lg, krna dsana emang rentan banget infeksi sm kuman. klo daya tahan tubuhnya lg down tentu lebih rentan.

      jgn sering2 dipegang dg tangan kotor gan, klo mw mencet atw ngebersihin pake sabun atw handsanitizer aj..

  11. Mas, kalau boleh tau.. Bisa info ga utk tlp RS dan Dokter yg menangani Mas Syandrez? Karena saya memiliki bayi 1,5th dan intensitas kambuh fistel nya tergolong sering. Hanya jeda 2hari pasca meletusnya benjolan dan keluar nanah. Kejadian ini sudah setengah tahun dan kami tak kunjung mendapatkan dokter yang benar2sudah pernah menangani hal ini. Kebanyakan dari mereka spesialis tht tapi belum pernah melakukan operasi seperti ini. Harap maklum mas, anak masih bayi seperti ini sudah harus masuk ruang operasi pastinya sbg ortu pngen bayinya mendapat dokter yang sudah terbukti berhasil operasinya.
    Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih mas, info nya sangat amat membantu utk saya & keluarga.
    Salam, Mery

    • Salam ibu Mery,
      Dulu saya berobat di RSUP Dr. M. Djamil Padang, dg dr.Jacky Munilson, Sp.THT-KL, mhn maaf sy tdk punya nomer telp.beliau. Jika ibu brsedia dan ibu punya asuransi dr pemerintah spt askes, ibu bs minta dirujuk ke poliklinik THT RSUP Dr.M.Djamil bagian otologi THT dari RSUD wilayah ibu (jika ibu tinggal di Sumbar). Di daerah lain pun sama, dari puskesmas –> RSUD (kota/kab)–> RSUP (provinsi). Biasanya di RSUP dokternya bisa menangani.
      Semoga membantu :)

      • Mas Syandrez terima kasih untuk replay nya.. Kalo boleh ada no tlp RS nya ga ya? Krn sy dari Jakarta. Sebenarnya banyak spesialis tht dsni tapi mendengar banyak cerita dari rekan2 takutnya para dokter tersebut belum pernah melakukan operasi spt ini, kasihan bayi saya jika harus melakukan operasi berkali-kali. Maka saya sangat ingin sekali yang menangani bayi saya adalah dokter yg sdh pernah menangani operasi fistel ini. Besar kemungkinan jika memang RSUP Dr. M. Djamil Padang berpengalaman maka saya akan kesana untuk mengoperasi bayi saya, oya mas sory sy tanya lagi nih yg operasi dr.Jacky Munilson, Sp.THT-KL bukannya Dr.dr.Chairul,Sp.THT ya? Soalnya yg di sebut di cerita cuma Dr.dr.Chairul,Sp.THT :)

      • sama2 bu,
        iya saya operasinya di padang dg dr.jacky, dr.chairul yang merujuk saya kesana dr RSUD..
        maaf skali lg buk, sy gak punya nomernya, tp sy sarankan ibu berobat d jkt saja, insyaAllah byk dokter berpengalaman disana, yg dibilang rekan2 belum tentu benar.. lagipula dokter yg belum pernah operasi sinektomi tak akan pernah diperbolehkan mngoperasi, stp pelayanan pasti sesuai SOPny bu.. :) Jadi tentu dr.spesialis yg berpengalaman yg akan mengerjakan. :D

      • O0o ada praturannya toh ya mas klo blm pernah menangani ga blh melakukan operasi? Hehehe baru tau :) ok deh kl gt.. Terima kasih banyak ya mas. Info nya sgt membantu skali. Sy ga bisa balas kbaikan mas, biar Tuhan yg bls budi baik mas syandrez :)

    • hi ibu mery,
      anak saya dulu operasi di rs puri indah, jkt barat, konsultasi sama dokter agus subagio, waktu operasi dokter agus bareng rekannya yang dr rs yang lain, jadi ada 2 spesialis tht + 1 anestesi.
      bius total krn masih kecil, waktu itu umur putri saya baru 15bulan

      dulu akhirnya milih operasi karena bengkaknya dah gede dan berulang. sebaiknya klo udah bengkak sekali, segera operasi, tapi tunggu infeksinya reda (udah kempes seperti semula)

  12. ini yang bikin aku galau kak :’(
    aku mau curhat kak Syandrez sry curcol
    aku udh pnya itu dr lahir, dri SD smape SMP baik baik sja, tpi udh mulai kambuh dan infeksi itu pas kelas 2 SMA
    jadi bengkak dan bernanah gtw. Tapi stelah itu udh mendingan lagi
    dan stelah kejadian itu aku jd gak PD mngkin karena was was sama orang lain karena takut mengeluarkan bau busuk atau semacamnya yang bisa menganggu orang lain, jadi aku lbih baik mnyendiri hiks hiks :’(

    aku juga prnah periksa tentang penyakit ini ke dokter dan dokternya cuman ngasih handsaplast untuk nutupin lubangnya trus diksih sma obat” antibiotik gitu dan suruh dteng lgi. Dan itu membuat aku bosan. Sebenarnya aku mau operasi aja biar clear smuanya. tapi dokternya bilang malah nakut”in itu operasi besar, nnti ninggalin bekas luka d wajah, cabangnya bercabang cabang, wajahnya gk simetri lg, pokoknya nakut”in deh aku jdi ciut lgi, pdahal udh fix bgt mau operasi.
    jadi aku mau tnya agak personal sih, apa orang” d dekat kak Syandrez merasa terganggu bila dekat dengan kakak ?
    lalu bekas luka operasi d wajah kak syandrez bagaimana ?
    dan apa dulu kakak selalu menutup lubang itu dengan handslapast ? karena kata dokternya wktu itu jgn sampai kemasukan cairan sabun ataupuun lainnya.
    itu aja maaf jk ada salh kata, makasih :D

    • haha, sama kok dek, kk dulu jg gt

      klo org2 disekitar kk krg tau jg, yg jelas ketika dy keluar biasanya kk ‘permisi’ gt dr mrk, malah dulu sering gt, pas lg belajar di kelas, tiba2 gatal dan kerasa mau keluar, sering izin sm guru alesan ke wc..ckck, ya cukup mengganggu lah. tp bbrp tmn ada yang kk ceritain, dan mrk fair2 aja,. jd alhamdulillah g masalah bgt.

      masalahny ketika udah infeksi berat, wkt smp mulai parah infeksinya, hingga segede telur puyuh bahkan muka udah gak simetris lagi keliatannya, merah, sakit, sering lg..udh nyari pngobatan dmn2 gak sembuh2..minder bukan main saat itu..gak pede, ke sekolah malu dan minder bgt.

      kondisi ky gt bertahan saat SMA bahkan sampai th 2 kuliah, pathetic banget, pasrah ..

      kk jg udh pernah berobat ke dokter bedah malah, wkt kls 2 SMA, tp habis operasi 1 minggu kemudian kambuh lagi..kk makin pasrah..

      tp setelah kk kuliah, udh dipelajari, kk akhirny cb konsul sm residen/ dokter yg lg ambil spesialis di THT, ada baikny jg dioperasi. operasinya kalau sudah gak infeksi lg, jd kt dirawat 10 hari dikasih antibiotik suntik 3x stiap hari + obat anti inflamasi jg.

      emang pasca operasi klainan saraf itu bs saja tjd, jk saraf wajah kita cedera. Tp alhamdulillah wkt itu baik2 aja, dokterny jg ngecek fungsi saraf wajah kk wkt itu alhmdulillah normal. namun ya ttp ada efek sampingnya, penyembuhannya jg agk lama, kk dlu smpat vertigo slm skitar 2 minggu, tp ada latihannya spy bs normal lg, *ada guideline book-nya gt, trus rasa kebas di bekas operasi slm berbulan2 kadang2 gatal, krna sarafny sdg tumbuh lg, dan bekas oppnya masih ada smp skrg, tp kk g masalah krn infeksi dulu itu lebih parah bekasnya dibanding setelah opp. insyaAllah bekasnya itu bs diminimalisir dg obat anti keloid, mgkn nanti kontrol aj lg ke dokterny..

      lubang itu memang rentan kali infeksiny, klo ragu dg sabun bs ganti sm alkohol, kk dulu gak rutin k dokter, jd ya gak pernah dikasih hansaplast..hhe

      saran kk adek berobatnya ke dokter tht aja, mgkn bs konsultasi lbh lanjut, insyaAllah bisa sembuh kok. :) gud luck.

      wallahu’alam.

      • oo bgitu ya kak, aku jg sempet crita dan tnya sma kawanku tentang masalah ini, dan dia merasa biasa” aja kalo di dekat aku gk keganggu katanya, dia katanya juga gk pernah nyium hal-hal yg aneh hahahaa
        aku blm prnah sampe separah itu kak dan semoga jgn deh aku takut bgt, cman paling parah ya wktu klas 2 SMA itu kayak mengeras gitu sakit bgt, tpi setelah 3 hari alhamdulillah sudah mereda. Skrng aku bner” jaga kebersihan di sekitar lubangnya aja biar mengurangi risiko infeksi dan pertumbuhan bakterinya.
        Aku juga udh sering ke dokter di rumah sakit yang berbeda-beda dan rumah skit itu bsa dibilang bernama lah d jakarta. Tapi masalahnya kak entah bagaimana dokter THT itu msih seolah olah asing sma fistula ini, kayak gk tau apa yg hrus mereka lakukan, bahkan ada yg ngasih aku smacam saleb gtw zz ==”
        tpi yg terakhir dokter yg nakut”in aku buat operasi spertinya dia tau fistula ini. Complicated bgt kasusnya hufttt,,
        wah kakak jg sempet vertigo. Itu penyebabnya karena kturunan kan kak mksud aku gk ada hubungannya sma fistula ini kan ?
        Kalo dipikir pikir kok jdi berat bgt ya hidup ini hahahaha
        thinking positive aja lah mngkin kita orng” pilihan Allah yang sedang diuji keimanannya d dunia hahahaha
        dunia cuman sementara ini :)
        dan kayaknya aku hrus ngelupain jalan operasi deh, selama masih blm parah dan semoga gk akan parah aamiin. (jd curhat hahaha)

        makasih loh kak atas sharingnya :D

  13. Dear kawan2…aq juga punya lubang yg sama di telinga kiri,bhkan di dlamnya terasa seperti Ω̶dά̲ benjolan daging gt, sama seperti yg lain klo di pencet keluat cairan yg bau busuk..tp alhamdulillah..blm pernah terasa sakit..apa itu normal?

    • jaga aja kebersihannya ya, daya tahan tubuh jg, sebab higiene dan daya tahan tubuh yg kurang dpt mjd risiko penyakitnya. :) salam.

  14. Aq baru tahu loh klo ini bs sebabkan penyakit..n mmg gakk pernah aq perhatikan kebersihannya secara detail, paling yah di basuh air mandi atau wudhu.. Ohya, cairannya itu tdk selalu bs keluar lho..hanya pada wakti terasa gatal ,bru Ω̶dά̲ cairannya n bau busuk..kdg saking gatalnya suka saya tusuk n korek2 pakai jarum..yah secara perlahan ajah, sampai reda gatalnya..

  15. mas. anak saya (1thn) mengalami kelainan ini jg dr lahir. skrg kondisinya lg bengkak. dikasih antibiotik + salep sm dokter THT, udah hampir seminggu blm kempes jg. itu rasanya sakit/gatal ga, soalnya bayi kan blm bs bilang klo ada keluhan. dia ga ada rewel+ga prnh garuk2 sh.

    • hi ibu intan,
      saya perhatiin di situs ini banyak anak kecil ngalami infeksi fistula. dan ingin berbagi informasi.
      anak saya dulu operasi di rs puri indah, jkt barat, konsultasi sama dokter agus subagio, waktu operasi dokter agus bareng rekannya yang dr rs yang lain, jadi ada 2 spesialis tht + 1 anestesi.
      bius total krn masih kecil, waktu itu umur putri saya baru 15bulan

      dulu akhirnya milih operasi karena bengkaknya dah gede dan berulang. sebaiknya klo udah bengkak sekali, segera operasi, tapi tunggu infeksinya reda (udah kempes seperti semula)

      coba cek di rs tht yg di proklamasi, dulu pernah tny juga di sana, katanya sih dokter sana pada bisa juga utk operasi semacam ini.

      • Hi semua… Sebelumnya thanks buat blog dan smua info2yg sgt amat mbantu sy & si kecil. Sy ga bs membalas kalian semua tp biar Tuhan yg mbalas kbaikan kalian yg brsedia mluangkan waktu utk share dsni..
        Skedar info, stlh sy dpt info dr blog ini sy lgsg brgkat ke malay + singapura. Smua diagnosa & pnawaran pnyembuhan sama dg di Indonesia hanya sja mrk mnyuruh stlh 3hri rwat inap, sy hrs stay dsna slm 1mggu utk liat efek sampingnya & dlm 1bln kdepan hrs kontrol. Stelah itu tiap th hrs kontrol kmbali. Biaya ckup mhal utk hnya biaya operasi sja (blm trmasuk obat + kmar dll) di spore skitar 40jt. Di malay 30jt (kurs bln agustus 2013 ya sblm smua kurs pd naik lho). Krn sdh hopeless ad yg blg cb pngobatan di Penang malaysia krn konon ktnya dsna pngobatan lmyn murah dg kualitas yg ok jg. Krn kpalang tanggung sy ksna jg. Sy ke rs negri Lam Hua dsna hrs operasi jg bhkan wlo anak sy ga bengkak ttep dksi antibiotik *hadeh* Sy krg sreg jd djln plg ke penginapan sy cb tnya teman (knalan tkg taxi dsna yg skrg jd langganan tour guide sy dsna) di srh cb cek ke RS swasta Loh Guan tp tetap dsrh operasi dg biaya 20jt++ tp sy hrs stay max 1bln utk mncegah bolak balik jika ad efek samping. Krn kehabisan dana sy kmbali kjkt dg tgn hampa & prasaan yg kacau. Kmudian bln sept sy kmbali ksna krn knalan tkg taxi sy smpat blg “apa mau cb di RS island. Itu RS trmahal kedua dsni tp stau sy itu adl RS dg teknologi trlengkap se asia tenggara” sy coba kmbali ksna dan dr smua dokter yg sy dtgi hnya dy yg blg max utk operasi adl 4th (spy aman, tp utk kasus trtentu memang hrs scepatnya) lalu sy diajarkan jika di lubang fistel kliatan ad spt daki putih ato ad yg gumpal, cb di pkai antiseptik (sy pke ryvanol y kl ga slh yg kuning) dtetes ke cuttonbud tp jgn smp kbanyakan yaa ckup mbasahi aja jgn smp mlh airny msuk ke lobang tmbh repot. pelan2 dorong dr tgh kuping ke lobangnya. Itu akan mbwa kotoran yg msuk spy kluar. Yg mnyebabkn bengkak adl bila kotoran itu trs2mnumpuk dan wktu ud trlalu byk dy infeksi jdny demam + bengkak. Memang hrs rutin. Kdg kotoran putihny sgt pjg + bau amis. Tp untungnya sjk dibersihkn rutin, trs tiap abis pergi jln dbersihkn dan habis mandi lgsg dkeringkan. Jika anak habis keringetan jg dkeringkan. Jauhi dr berenang. Jika anak cwo jambang (rambut dkat kuping) pastikan slalu pendek krn debu bs mnempel di rmbut. Dr sept smp skrg anak sy blm 1x pun bengkak dan smoga seterusnya kdepannya tdk masalah apa2ya (smp skrg jg msh trs berdoa nih hehe..) Kami dminta utk kontrol kmbali tiap th smp umur 4th sdh ckup. Tp klo dr skrg smp umur 4th prnah 1x aja kambuh maka kami hrs konsul tiap th smp anak umur 10. Smbil mnjaga jauhi seafood. Kmudian ikan djaga utk smntara ikan salmon, tenggiri + dory saja. Smoga membantu yaa… Tnp operasi bs kq :) percaya msh ada keajaiban utk malaikat kcil qta..

  16. Halo..

    Senang bisa ketemu sesama korban fistel disini ^^ sy tnyt tdk sdiri..
    sy bru ptama x nih mengalami infeksi sudah bernanah di fistel kuping kiri..sakitnya yaoloh smp bbrp mlm gk bs tdr bgn jg nyeri hikss..
    minggu lalu sdh berobat di rs proklamasi..nyeri n bengkak mendingan tpi obtnya udh hbs dan nyeri kembali nyerang hiks..akhirny minggu ini sy konsul lg dan ktnya mnm obt dulu bru balik 3 hri kmudian utk di sedot ato operasi..kt dokternya liat hsl stelah 3 hri mnm obt bru ditentukan mw sedot ato operasi..ad yg sdh pernah disedot kotoran fistel nya ?

    Thanks
    Lisa

Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s