YUI

YUI, begitulah panggilan akrab bagi para penggemarnya. Nama aslinya adalah Yui Yushioka, seorang penyanyi sekaligus pencipta lagu dari negeri sakura, Jepang. Selain bernyanyi, wanita kelahiran Fukuoka 26 Maret 1987 ini juga pernah melakoni profesi sebagai aktris sebuah film yang menurut aku cukup terkenal, Taiou no Uta (Midnight Sun). Adapun yang khas dari cewek yang satu ini adalah, gitar yang selalu menemaninya setiap kali tampil bernyanyi. Suaranya yang khas dan merdu, sangat pas untuk genre lagu-lagunya saat ini, yakni Japan-Pop dan Japan-Rock

Biodata singkat:

Zodiak : Aries, shio : kelinci, hobi : menonton film, membaca buku, bermain bulu tangkis, tinggi badan : 155 cm, golongan darah : AB, tempat favorit: pantai Shingū di Fukuoka.

Kesuksesannya sekarang tidak terjadi begitu saja dengan mudah. YUI menekuni karirnya benar-benar dari bawah. Kalau menurut aku, perjalanan hidupnya bisa dibilang rumit dan penuh perjuangan. Namun, yang membuatku kagum adalah kemauan dan kerja kerasnya yang tiada henti. Ia tak pernah menyerah. Kisahnya layak dijadikan pembelajaran.

Masa Kecil tanpa Seorang Ayah

YUI, sejak kecil hidup tanpa ayah dan tidak memiliki ingatan apapun tentang ayahnya. Selama itu ia diasuh dan dirawat oleh ibunya, akan tetapi dia selalu dikelilingi oleh musik sewaktu kecil, sampai dia beranjak dewasa. Ketika masih SD, Yui bercita-cita menjadi seorang penyanyi.

Masa-masa SMP, Mulai Tertarik Mengarang Lagu

Yui memulai menulis lirik lagunya sendiri sewaktu di kelas 3 SMP. Yui sangat bercita-cita menjadi penyanyi, dan pergi ke mana-mana dengan selalu membawa gitarnya.

Sambil bersila di atas kasur, Yui memainkan gitarnya dan menulis lagu pertama yang diberi judul “Why me”. Setelah itu, ia mulai menyanyi di pinggir jalan di kawasan Tenjin, Fukuoka sebagai atraksi pembuka bagi teman satu tempat kursus musik.

Masa-Masa SMA, Ekonomi yang Sulit, Mengamen dan Akhirnya Jatuh Sakit dan Putus Sekolah

Sewaktu SMA, ia sering menyaksikan pertunjukan grup musik Bianco Nero di jalanan. Yui pun mulai belajar menyanyi, menulis lagu, dan memainkan gitar di kursus musik kota Fukuoka. Karena ekonomi yang kurang dia sering bekerja sampingan untuk membantu kehidupannya dengan ibunya, juga untuk membiayai sekolahnya. Akibat terlalu sibuk dengan kerja sampingan dan sekolahnya, dia jadi tidak ada waktu yang cukup untuk musik. Pada akhirnya, dia pun jatuh sakit. Sewaktu dia dirawat di rumah sakit, YUI berpikir kalau ia tidak akan mungkin bisa menjalankan sekolah dan musik secara bersamaan.

Setelah dia keluar dari rumah sakit dia menjalani hidupnya dengan musik, dia ikut ke dalam grup band yang biasa dilihatnya di jalanan, yaitu Bianco Nero. Setelah beberapa konser dengan band itu YUI mengutarakan keinginannya kepada band tersebut untuk megikuti jejak mereka di dunia musik. Bianco Nero merekomendasikan YUI untuk masuk sekolah musik. YUI memutuskan keluar dari sekolahnya dan mulai serius belajar menulis lagu dan bermain gitar.
Untuk menjadi seorang Profesional dia terus melatih diri, salah satu usahanya adalah membawa gitar dan bernyanyi di depan Stasiun Tenjin di Fukuoka. YUI berkeliling membawa gitarnya dan bernyanyi di sekitar pintu masuk Stasiun Tenjin Fukuoka. Meskipun pemalu, YUI menikmati penampilan jalanannya.

Awal Karir, Menuju Seorang RISING STAR

Awal karier Yui sebagai seorang profesional adalah ketika dia di rekomendasikan oleh seorang instruktur dari jukunya tersebut, untuk ikut ke dalam audisi yang diadakan oleh Sony Music Japan. Dalam audisi itu hanya disarankan untuk menyanyikan dua lagu tetapi Yui menyanyikan 3 lagu dan membuat para juri memberikan angka tinggi kepadanya, setelah itu banyak perusahaan yang berebut untuk mendapatkan YUI. Setelah itu pada tanggal 24 Desember 2004 Yui merilis singel debutnya “It’s Happy Line” dibawah label indie Leaflet Record.

Perusahaan rekaman menjadi saling berebut untuk mengontraknya. Lagu pertama yang dinyanyikannya, “Why Me” nantinya dijadikan single perdana, diikuti dengan “It’s Happy Line” dan “I Know”. Keduanya diterbitkan sebagai singel indie debutnya, “It’s Happy Line” dengan lagu “I Know” di sisi B. Sebagai penghargaan kepada kampung halamannya, Yui menulis lagu “Feel My Soul” ketika meninggalkan kampung halamannya, Fukuoka. Seorang produser dari stasiun televisi Fuji TV mendengar video klip demo lagu tersebut, dan bermaksud menjadikannya sebagai lagu tema serial drama di Fuji TV. Debut singel Yui, “Feel My Soul” yang dirilis 23 Februari 2006 dijadikan lagu tema serial drama Fukigen na Gene. Serial drama tersebut dihiasi lagu-lagu Yui, seperti “Feel My Soul” dan “It’s Happy Line”. Singel “Feel My Soul” laku di atas 100 ribu keping, namun 3 singel berikutnya, “Tomorrow’s Way”, “Life”, dan “Tokyo” ternyata tidak sesukses “Feel My Soul”. Setelah merilis 4 buah singel, album pertama Yui yang berjudul From Me To You dirilis bulan Februari 2006 dan laku di atas 200 ribu keping.

“Rolling Star” adalah singel ke-7 Yui yang dijadikan lagu pembuka seri ke-5 anime Bleach.

Singel ke-3, “Life” juga dipakai sebagai lagu penutup seri ke-5 anime yang sama. Selain itu, iklan televisi ponsel KDDI layanan “au Listen Mobile Service” memakai singel ke-8 Yui, “CHE.R.RY” sebagai lagu tema. Sementara itu, album kedua, Can’t Buy My Love menduduki puncak tangga album Oricon selama 2 minggu berturut-turut, dan laku lebih dari 500.000 keping.

Singel ke-9 berjudul “My Generation/Understand” dirilis 13 Juni 2007, sekaligus merupakan singel pertama Yui yang berbentuk double A-Side (dua lagu unggulan di sisi A). My Generation menjadi lagu tema untuk serial drama Seitosho-kun, dan “Understand” menjadi lagu tema film Sidecar ni Inu.

Singel ke-10, “Love & Truth”, dirilis 26 September 2007, merupakan lagu tema dari film yang dibintangi oleh Erika Sawajiri, yang berjudul Closed Note.

Singel ke-11 YUI berjudul “Namidairo” bernada gelap dan sedih. Sementara single ke 12 nya “Summer Song” dirilis 2 Juli 2008 berhasil mencapai penjualan tertinggi di minggu pertama Oricon Chart. Album ketiganya dirilis pada 9 April 2008, yang diberi judul I Loved Yesterday, yang terjual lebih dari 400 ribu copy.

Album kompilasi B-side pertamanya, My Short Stories dirilis akhir tahun dengan Hit Single berjudul “I’ll Be”. Lagu ini menjadi jingle iklan Sony Walkman di Jepang. Setelah peluncuran single ini,YUI memutuskan untuk istirahat beberapa bulan agar lebih fokus pada proyek tahun depan.

Pada 3 Juni 2009, Single terbaru YUI berjudul “again”diluncurkan. Lagu ini menjadi opening anime “Fullmetal Alchemist Brotherhood”. “Again” berhasil meraup penjualan sebanyak 110.000 copies di minggu pertama. Single ini akhirnya menjadi peringkat satu dalam penjualan minggu pertama paling tinggi pada 2009. Sedangkan single berikutnya, “It’s All to Much/Never Say Die” juga meraup kesuksesan yang sama. Kedua lagu tersebut (It’s All to Much dan Never Say Die) silih berganti menempati peringkat 1 Oricon Chart.

YUI – Again

Single terbarunya, “GLORIA” dirilis awal tahun 2010 dengan nuansa musim dingin. Single ini kembali merajai Oricon Weekly Sales.Dengan ini, YUI berhasil memegang predikat empat single konsekutif (empat single terakhirnya menduduki puncak oricon berturut-turut).

Single berikutnya “To Mother” dirilis tanggal Juni 2010. Setelah 2 tahun dan 3 bulan setelah I Loved Yesterday dirilis, album barunya, Holidays In The Sun dirilis pada tanggal 14 Juli 2010. Single terbarunya yang bernuansa hujan, “Rain” dirilis tanggal 24 November 2010.

Merambah Dunia Akting

Sementara itu, YUI memulai karier akting dengan membintangi film berjudul Midnight Sun (Taiyou no Uta). Film tersebut diputar di Festival Film Cannes 2006 dan dirilis di Jepang pada 17 Juni 2006. Singel ke-5, “Good-bye Days” khusus ditulisnya untuk film Midnight Sun. Disusul dua single lainnya yaitu “It’s happy line” dan “skyline”. Sekali lagi, aktingnya kali ini tidak bisa diremehkan. Pertama melihat filmnya, bikin jatuh hati.:mrgreen: Simpel, namun begitu menyentuh dan benar-benar sarat dengan pelajaran. Pokoknya sahabat wajib nonton deh! ^^

Taiyou No Uta

Album yang telah Dirilis

1. From Me To You (2006)

From Me to You adalah album pertama yang diluncurkan pada 22 Februari 2006.
Genre: JPop
Tracklist:

YUI – Merry Go Round
YUI – Feel My Soul
YUI – Ready to Love
YUI – Swing of Lie
YUI – LIFE
YUI – Blue Wind
YUI – I Can’t Say
YUI – Simply White
YUI – Just My Way
YUI – Tomorrow’s Way
YUI – I Know
YUI – TOKYO
YUI – Spiral & Escape
2. Can’t Buy My Love (2007)
Genre: JPop
Tracklist:
1. YUI – How crazy
2. YUI – Rolling star
3. YUI – It’s all right
4. YUI – I remember you
5. YUI – RUIDO
6. YUI – CHE.R.RY
7. YUI – Thank you My teens
8. YUI – Umbrella
9. YUI – Highway chance
10. YUI – Happy Birthday to you you
12. YUI – Good-bye days
13. YUI – Why?

3. I Loved Yesterday (2008)
Genre: JPop
Tracklist:
1. YUI – Laugh away
2. YUI – My Generation
3. YUI – Find me
4. YUI – No way
5. YUI – Namidairo
6. YUI – Daydreamer
7. YUI – Love is all
8. YUI – I will love you
9. YUI – We will go
10. YUI – OH YEAH
11. YUI – My friend
12. YUI – LOVE & TRUTH
13. YUI – Am I wrong?

4. My Short Stories (Compilation Album – 2008)
Genre: JPop
Tracklist:
1. YUI – I’ll Be
2. YUI – HELP
3. YUI – Last Train
4. YUI – Winter Hot Music
5. YUI – Jam
6. YUI – Skyline
7. YUI – Free Bird
8. YUI – I wanna be…
9. YUI – Oh My God
10. YUI – Cloudy
11. YUI – Driving today
12. YUI – Understand
13. YUI – crossroad
14. YUI – It’s Happy Line
15. YUI – Why me
5.Holiday In The Sun
tracklist:

1. to Mother
2. again
3. Parade
4. es.car
5. Shake My Heart
6. GLORIA
7. I do it
8. Please Stay With Me
9. Summer Song
10. Cinnamon
11. Driving Happy Life
12. It’s all too much
13. Kiss me

Referensi dan Sumber:
http://www.yui-net.com/
http://s7epen.wordpress.com/2010/07/01/yui/
http://rewangga-keroro-jp.blogspot.com/2009/01/yui.html
https://asianfansclub.wordpress.com/2010/12/12/perjalanan-hidup-yui/

5 thoughts on “YUI

  1. […] YUI, salah satu singer-songwriter yang sungguh inspiratif menurutku, memilih untuk hiatus dari dunia musik. Delapan tahun sudah ia berkarya dari nol, dari keterpurukannya di masa kecil. Cukup banyak perjuangannya. Mulai meninggalkan kampung halaman pada usia 16 tahun menuju Tokyo untuk mencari penghidupan, hingga di usianya yang sekarang sudah 24 tahun, meraih hasil kerja kerasnya. Cerita tentang YUI pernah ku tulis beberapa tahun yang lalu disini. […]

    Like

Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s