Petuah Seorang Profesor

Jangan puas dengan what, karena jika hanya what, keesokan harinya kita akan mudah terlupa. Kita akan lebih paham dan lebih ingat jika kita mengerti dengan apa yang kita pelajari. Maka darinya, sekali lagi jangan puas hanya dengan what, kita harus tahu jua dengan how dan why-nya. What hanyalah membantu short-term memory, tidak dengan long-term memory yang hanya bisa dikuasai jika kita mengerti dengan how dan why-nya tadi.

Bacalah sesuatu, jangan menulis sambil membacanya. Setelah usai membaca, tutuplah bukumu, lalu tulislah yang kau baca tadi di sebuah kertas atau catatanmu. Jika kau bisa menuliskannya lagi, berarti kau tlah mengerti dengan yang kau baca. Jika tanganmu terhenti karena tak tahu akan menulis apa, ulangilah bacaanmu karena sesungguhnya kau belum mengerti tentang apa yang kau baca.

Disiplinlah dengan waktu, dan jadikanlah hari demi hari dengan hal terbaik yang bisa kita lakukan. Hari esok, harus lebih baik dari hari ini.

Demikianlah beberapa tips dari sekian banyak tips belajar lainnya yang subhanallah.. terlontar dari seorang tutorku yang luar biasa, seorang Profesor lulusan Malaya University, Malaysia.

2 thoughts on “Petuah Seorang Profesor

Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s