Kengerian Gempa dan Tsunami Jepang

VIVAnews – Gempa berkekuatan 8,8 Skala Richter yang mengguncang pesisir timur laut Jepang di Kepulauan Honshu, memicu gelombang dahsyat tsunami setinggi empat hingga 10 meter. Televisi-televisi Jepang menggambarkan betapa luar biasanya kekuatan tsunami yang menghantam Negeri Sakura sekitar pukul 14.46 waktu setempat.

Seperti dilansir Los Angeles Times, 11 Maret 2011, kepulan asap terlihat di mana-mana ketika tsunami setinggi empat meter menghantam Sendai, di Kepulauan Honshu.

Di beberapa lokasi, televisi Jepang memperlihatkan gelombang tsunami menggulung benda-benda berat di sekitarnya seperti mobil, truk, speed boat, dan kapal. Bahkan, gedung-gedung juga ambrol dihantamnya.

Sebuah kapal berukuran besar bahkan masuk ke tengah Kota Kesennuma di wilayah Miyagi, diserek ombak yang mahakuat. Kapal itu memecah ombak di tengah kota. Saat kapal besar itu melaju di tengah kota, air menghantam mana-mana dan menyapu jembatan-jembatan.
Asap hitam mengepul di berbagai titik. Para pekerja kantoran bergegas menyelamatkan diri keluar dari gedung.

Kereta-kereta bawah tanah dihentikan. Semua jalur kereta dari dan menuju Tokyo juga tidak dioperasikan. Bandara internasional Narita juga ditutup.

“Kereta yang kami tumpangi bergerak maju-mundur,” kata Anthony Weiss, salah seorang warga Amerika di Jepang. Orang-orang di dalam kereta menutupi kepala mereka dari debu yang berjatuhan.

“Ini sangat menakutkan,” kata Weiss dalam surat elektroniknya. “Gempa susulan masih terus berlangsung sampai sekarang.” (kd)

• VIVAnews
______________________________________________________________________
Berita tentang gempa dan tsunami yang mengguncang Jepang siang ini awalnya tak sengaja saya ketahui dari status seorang teman yang beredar lewat facebook. Karena penasaran apakah benar atau tidak, saya berusaha mencari berita yang lebih konkrit mengenai kejadian mengerikan ini melalui ponsel, karena kebetulan saat itu saya tidak dirumah. Sungguh bencana yang mengerikan. Saya turut berduka cita yang sangat mendalam atas musibah yang melanda rakyat Jepang ini. Semoga Jepang cepat kembali pulih..

Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s