Payakumbuh Diserang Wabah Ulat Bulu

Akhir-akhir ini, wabah ulat bulu sedang marak diberitakan di televisi dari berbagai tempat di belahan Indonesia. Mulai dari beberapa daerah di Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Bali, NTB, Jakarta, Medan hingga Makassar. Namun ternyata fenomena ini terus berlanjut, dimana saat ini wabah ulat bulu tersebut sudah sampai ke kampung halaman saya Payakumbuh, Sumatera Barat.

Semenjak empat hari terakhir ini, ribuan ulat bulu menggeliat di dedaunan pohon pisang dan areal persawahan di lahan pertanian masyarakat Kapalo Rimbo, Kelurahan Tarok, Kecamatan Payakumbuh Utara. Bahkan segerombolan ulat bulu berbadan merah kecoklatan dan berbulu putih ini sudah masuk sampai ke dalam rumah warga yang berdekatan dengan sawah, dan menimbulkan gatal pada sebagian mereka. Upaya penyemprotan disinfektan pun sudah dilakukan dinas pertanian setempat dan warga pun sudah bergotong-royong membersihkan lingkungan untuk mencegah penyebaran binatang kecil ini lebih luas lagi.

Wabah ulat bulu di Kapalo Rimbo, Payakumbuh

gambar: http://www.harianhaluan.com

Ulat bulu dikabarkan juga menyerang desa Padang Kaduduk, Payakumbuh. Warga sudah melapor ke dinas Pertanian terkait tapi belum mendapat respon. (*Mudah-mudahan cepat ditangani ya..

Fenomena ini banyak dikaitkan dengan perubahan iklim dan cuaca yang terjadi di sebagian wilayah Indonesia. Teori lain menyebutkan, populasi ulat bulu mengalami peningkatan seiring dengan menurunnya jumlah predator ulat bulu itu sendiri akibat seleksi alam, dan karena ulah manusia yang menggunakan pestisida untuk memberantas hama tanaman. Akan tetapi kepala Dinas Pertanian Sumatera Barat Djoni menjelaskan, serangan ulat bulu itu terjadi lebih karena faktor alam, bukan karena kebiasaan masyarakat menggunakan pestisida, karena pada umumnya petani Sumbar tidak menggunakan racun tanaman tersebut.

Untuk masyarakat Payakumbuh, tetap tenang dan waspada. Ok?! Semoga cepat kembali pulih..amin..

Sumber:

4 thoughts on “Payakumbuh Diserang Wabah Ulat Bulu

Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s