Ujian Nasional 2011, Beda Sistem

Hari ini mungkin adalah hari yang paling mendebarkan bagi siswa-siswi SLTA se-Indonesia. Pasalnya hari ini Ujian Nasional yang menentukan kelulusan mereka digelar. Akan tetapi adik-adik tidak perlu rasanya terlalu khawatir secara berlebihan, karena sistem tahun ini An rasa lebih memudahkan daripada sistem pada zaman kami dulu. Tapi walaupun begitu usaha yang terbaik dan do’a yang terkhusyuk harus tetap dilakukan, untuk mendapatkan kelulusan tersebut.

Ujian Nasional 2011 memiliki sedikit perbedaan dari UN tahun sebelum-sebelumnya, dimana ujian kali ini bukanlah menjadi penentu utama kelulusan, akan tetapi ada formula baru yakni menggunakan sistem NILAI GABUNGAN.
Rumus yang ditawarkan pemerintah untuk nilai gabungan = (0,6 x nilai UN) + (0,4 x nilai sekolah). Nilai sekolah dihitung dari nilai rata-rata ujian sekolah dan nilai rapor semester 3-5 untuk tiap mata pelajaran UN. Mendiknas mengatakan bobot UN mesti lebih besar dari nilai sekolah untuk mengontrol hasil kelulusan. Pasalnya, dari data-data yang ada masih banyak sekolah yang me-mark up nilai siswa.
Hasil dari perhitungan di atas, nilai patokan kelulusan untuk nilai gabungan adalah 5,5, dengan patokan minimal untuk nilai setiap mata pelajaran yang di UN kan adalah 4,0. Dengan sistem seperti ini diharapkan siswa tidak lagi fokus pada mata pelajaran UN saja, akan tetapi fokus kepada semua mata pelajaran yang ada di sekolah semenjak kelas 1 sampai kelas 3.
Kemudian, Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh menjelaskan, dari peta nilai akan dilakukan analisis setiap sekolah. Sekolah yang nilainya rendah akan dilakukan intervensi seperti tahun 2010 yakni memberikan insentif dana sebesar Rp 1 miliar sebagai stimulus kepada 100 kabupaten/kota yang memiliki nilai UN rendah.
Insentif dana itu diberikan pada kabupaten/kota dengan persentase kelulusan siswa kurang dari 80 persen. Selain dana, pemerintah juga melakukan intervensi program peningkatan kompetensi guru dan remedial. “Tidak ada target khusus kelulusan siswa. Targetnya kejujuran pelaksanaan UN. Itu yang lebih mahal karena dari angka kelulusan tahun lalu sudah 99 persen,” kata beliau.

An rasa sistem ini cukup bijak dibandingkan sistem-sistem sebelumnya. Semoga UN kali ini dapat berjalan lebih lancar dan lebih kondusif. Untuk adik-adik, mari laksanakan UN dengan jujur dan sebaik-baiknya, karena kejujuran pada saat itulah modal utama kita merintis karir pendidikan kita selanjutnya. Luluslah dengan cara yang Halal, insyaAllah lebih berkah. Sukses Adik-adik semua! Semoga suatu saat kita bertemu di Universitas favorit kita masing-masing. Hamasah! Keep Spirit!

Sumber referensi:
http://ujiannasional.org/perubahan-mendasar-un-2011.htm
http://edukasi.kompas.com/read/2011/01/04/1303567/Ujian.Nasional.18-21.April.2011

Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s