Menangis Itu Manusiawi

Kadang kita dihadapkan pada situasi-situasi yang sulit. Di dalamnya ada sedih, marah dan perasaan benci. Namun perasaan itu terkadang tidak tahu akan diarahkan pada siapa. Mungkin, objeknya adalah diri kita sendiri.

Jika saya seorang cewek, mungkin hal yang pertama kali saya lakukan adalah menangis. Saya rasa itu tidak masalah, karena jika saya cewek, saya akan leluasa menangis.

Tapi cowok tidak. Mengeluarkan air mata di depan orang lain adalah pantangan bagi seorang cowok. Di sana ada harga diri, sehingganya menangis sama saja menjatuhkan harga diri sebagai seorang cowok. Kebanyakan orang mungkin menganggap jika cowok menangis, cowok itu gak laki, cowok itu cengeng, dan sebagainya. Hanya pada situasi tertentu saja, tangisan seorang cowok punya arti bagi orang lain.

Tapi sebenarnya, cowok juga pandai menangis. Mereka menangis saat tak ada yang melihat, hanya mereka berdua dengan Tuhan-nya.

Menangis itu manusiawi, dan sunatullah. Just it.

2 thoughts on “Menangis Itu Manusiawi

Komentar Anda

