Sejenak Melepas Lelah, Melihat Masalah dengan Cara Berbeda

Assalamu’alaikum!!

Hi GUYS!! Long time no see!!!:mrgreen:

Dengan berlinang air mata, ingus dan keringat akhirnya kujamahi rumahku *baca:blog*. Setelah sekian lama tak berkenan mengetok pintunya sekalipun. Aish.. Maaf ku harus mengatakan ini semua, sungguh lebay namun demikianlah adanya kawan. T-T

Cukup banyak sudah peristiwa yang sudah terlalui selama satu bulan vakum dari kegiatan perblogingan. Telah lepas dari ujian proposal dan revisinya cukup membuatku lega, meski sekarang harus menjalani penelitian. Ditambah lagi dengan kegiatan sunatan massal di Kubang 50 Kota kemarin minggu yang cukup melelahkan namun menyenangkan! Disibukkan pula oleh diskusi tiada ujung *timpukbantal* dengan kawan-kawan tim lomba KTI temilnas 2012 yang dahsyat-dahsyat *suer. Dan serangkaian ujian di blok sistem indra khusus yang gak bisa dijabarkan keajaibannya (-_-)b, *meskipun remed SL dan sampai sekarang gak jelas kapan remedialnya! -.-” Yeah. Dan mesti menyelesaikan masalah nilai-nilai blok yang lalu, IP yg bagus *yeah* harus diterima dengan lapang dada kawan. Ini beneran bagus lho! ckck, hingga gak berani ketemu PA. -.-”  That’s enough.

Dan sekarang HARI LIBUR TELAH TIBA, tapi, GUE BELUM BISA LIBUR! ah..ckck

But at least, I must say. Alhamdulillahirabbil’alamin! Rabb-ku yang Maha Baik punya cerita untukku. Aku harap aku bisa ikhlas, tetap senyum sama hati meski udah capek usahain agar dia gak cemberut lagi. *ini beneran mulai lebay gak jelas ya?* Tapi, memang alhamdulillah! Satu surat di dalam Al-Qur’an yang bisa membuat hati ini jadi lega di saat-saat sulit adalah bait-bait di surat Al-Insyirah, yang pernah didengungkan oleh ibu saat lagi curhat.

*baca ayatnya di al-Qur’an ya! yg ini terjemahannya🙂

“Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu? Dan Kami telah menghilangkan darimu bebanmu, yang memberatkan punggungmu? Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu. Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Maka apabila kamu telah selesai (dari suatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, dan hanya kepada Tuhan-mulah hendaknya kamu berharap.”

Aku suka ayat yang menyebutkan, karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Saat menghadapi hari-hari yang sulit, jika teringat ayat ini, aku jadi berpikir, “wah, kesulitan datang, berarti ada kemudahan nih yang bakal Allah kasih, kan kata Allah, sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” Dan itu memang benar-benar terjadi! Contohnya disaat penguji proposal skripsi aku tidak bersedia, Allah menggantikannya dengan penguji lain yang lebih aku kenal. Saat ujian proposal harus diundur 3 kali dan mesti dilakukan saat waktu libur panjang, dan tiba-tiba penguji I dan pembimbing I-ku tak bisa ikut seminar dengan mendadak, Allah memberiku kemudahan dalam presentasi dan hasil yang baik. Saat aku pesimis dengan penyakit tremorku, Allah menunjukkan padaku kalau aku bisa menyunat 2 orang anak saat sunatan massal kala itu.  Saat surat izin pencatatan rekam medik untuk penelitianku bermasalah, Allah memberikan seorang teman dan seorang residen baik hati yang bersedia menolongku dan mendampingiku mencatat sementara suratnya selesai diurus. Maka nikmat Tuhanmu yang mana lagi yang engkau dustakan? Aku speechless sekarang.

Pengen rasanya saat menghadapi setiap kesulitan, ayat ini bisa ku ingat dan ku yakini sepenuh hati. Aku ingin sampaikan pula pada yang lain. Cobalah ingat-ingat, apa saja kesulitan yang kamu dapati? Bukankah setelahnya ada kemudahan? Andai saja kita bisa “melihat”nya lebih dalam dan “mensyukuri” setiap kejadian itu. Tapi sayangnya kita sering lupa lupa dan lupa. Menganggap semua masalah itu ya masalah! Bikin BETE. Padahal,.. Nah.

Semoga bisa lebih baik ke depan, dan saat bertemu masalah, just say, alhamdulillah, karena semuanya, innalillah, dan semuanya ilaihi rajiun. Just believe there’s nothing to be nothing!🙂

Wallahu’alam.

4 thoughts on “Sejenak Melepas Lelah, Melihat Masalah dengan Cara Berbeda

    • iya mi…hehehe, *ami diam2 jd pembaca setia, *terharu..hehe
      alhamdulillah ujian proposal tgl 14 juni kemarin mi..skrg lg penelitian di RS M Djamil..do’akan ya..

      ya dong, ttp smgt!! .><.b
      ami udh kelar penelitiannya? kapan seminar hasil?

      Like

  1. @aminocte: waaah..selamat ya mi…akhirnya selesai juga..hha. kebetulan an penelitiannya cmn pke data sekunder mi, jadi ya cuman ngambil data aja di RM. sampelnya ada 51, skrg lg ngolah data, smg bs cepat kelar, mski harus ngecek bbrp data yg blm pas ke RM bsk ni skali lg.. doakan y

    O iya, selamat kompre mi, smg sukses!😀

    Like

Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s