Entering the Final Round

Babak baru kehidupan, itulah sebuah kalimat yang mungkin dapat menggambarkan kehidupanku selanjutnya. Namun, masih tersisa satu ronde final untuk menggapai babak tersebut, ini semualah penentu apakah aku layak atau tidak memasuki babak baru kehidupan itu, babak baru kehidupan dunia per coass-an.

Kamis kemarin, saat melewati ujian terakhir di seluruh blok ini, setelah perjuangan selama tiga setengah tahun ini, akhirnya aku benar-benar akan mengatakan, “aku benar-benar selesai”. Meskipun, hasil blok terakhir belum diumumkan, aku berharap aku bisa melewatinya seperti melewati blok-blok sebelumnya yang alhamdulillah Allah selalu memberikan hasil yang terbaik dari usaha yang ku lakukan.

Kali ini, I am entering the final round, ronde terakhir dari dunia pre klinik. Skripsi. Satu kata itu yang selalu membuatku galau sepanjang hari. Entah kapan aku akan menyelesaikannya, padahal jadwal yudisium sudah di depan mata.

Aku berharap aku bisa menyelesaikannya tepat waktu, karena satu kata itu, aku selalu terbayang kedua orang tuaku yang nyinyir setiap kali meneleponku. Aku benar-benar berharap aku dapat memakai baju putih itu sambil mengucap sumpah di hadapan kedua orang tuaku, saat hari yudisium tiba.

Tapi Allah tetaplah yang Maha Menentukan. Setiap usaha itu memiliki tantangan. Dan berulang kali kita jatuh bangun melewati setiap tantangan yang menghadang ketika kita berjuang, Dialah Dzat yang Satu nan senantiasa menunjukkan jalan. Aku percaya jika takdir itu akan menjawab, namun takdir tak akan datang dengan sendirinya tanpa sebuah usaha untuk meraihnya. Bukankah kita mesti beriman pada takdir yang baik dan takdir yang buruk? Tergantung jalan mana yang kita tempuh, dan itu tergantung pula dari usaha seperti apa yang kita lakukan.

Berulang kali disemangati oleh sahabat-sahabatku di kampus, untuk segera menyelesaikan skripsiku yang belum juga di ACC pembimbing ini. Aku sungguh berterima kasih atas kepedulian mereka padaku. Kali ini, aku harus berjuang lebih keras lagi. Hingga aku benar-benar bisa memberikan yang terbaik, untuk Allah, untuk mereka dan untuk diriku sendiri.

Komentar Anda

