Kuatlah Bagai Ombak di Laut, dan Teguhlah Bagai Bebatuan di Tepi Pantai

Saat melewati hari demi hari dengan ceritanya yang beraneka makna, dan saat berada di puncak kejenuhan, terkadang membuat ku terlupa bagaimana berfikir dengan jernih. Rasa takut dan cemas menghantui, entah untuk apa rasa itu. Rasa penuh kekurangan dan lemah, tak mampu bergerak, hilang percaya diri. Rasa yang menjadikan hati kelam dan wajah meredup. Tatkala dunia menyuguhkan jalan yang tak sejalan dengan hatinya, atau tak membuatnya merasa menjadi dirinya, ketika itu ada perasaan menyesal yang menyelimuti fikiranku.

Aku yang apa adanya ini selalu dibayangi hal-hal yang tak pasti. Ada rasa yang tak teguh di dalam diri. Murung dan tak bersemangat. Untuk melewati masa yang penuh lika-liku ini seharusnya tak ada rasa guyah yang perlu datang menghantui. Mengusirnya jauh pergi, tak sudi memberikan sebuah tempat di dalam hati.

Jiwa yang lemah dan berlumur dosa ini, selalu menangis meminta petunjuk jalan yang benar. Ia terlalu mudah digoyahkan dengan sedikit guncangan yang merobek ke dalam prinsipnya. Melihat respon yang terlalu menyudutkannya.

Namun ku harus yakin bahwa segala upaya insya Allah akan menuai hasil dan hikmah. Dengan segala keterbatasan, kekurangan dan kekhilafan yang bahkan seolah-olah menyirnakan segenap kelebihannya, yang cukup membuatnya menekur ke tanah setiap hari, langkah kakinya pasti tetap akan berjejak meskipun hanya setitik debu. Ia tak akan sia-sia selama ia yakin akan membuat Tuhannya tersenyum. Itu cukup membuatku tenang.

Sepertinya aku merindukan rumah, tempat penuh kebahagiaan dan bagaikan sebuah recovery baterai jiwa dan fikiran. Terlalu jenuh itu juga tidak baik, namun ku tetap harus melewatinya dengan baik, sebaik-baiknya yang aku bisa. Aku tak ingin kehilangan semangatku. Ya Allah teguhkanlah pendirianku. Aku harus kuat bagai ombak di laut, dan harus teguh bagai bebatuan di tepi pantai.

Semangatlah. Insya Allah bisa.

Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s