smiley

Secercah Semangat

Tatkala hari demi hari sudah dilewati dengan segudang cerita makna suka dan dukanya, dan tatkala lutut pun telah bertumpu ke atas bumi seraya menumpu badan yang tak ingin dibilang penat ini, maka saat itu kita ingin berhenti sejenak, ingin bersandar, bernapas panjang seraya mengucapkan, sudahlah cukup, aku lelah dan ingin istirahat sejenak. Ya, itu wajar.

Wajar saja, kejenuhan datang tatkala tak ada perubahan yang tampak. Monoton dan berlalu tanpa tujuan dan semangat yang berarti. Bisa jadi tak wajar, jika hal itu terlalu berlarut larut, dan kita selalu mempersalahkan hidup, mempersalahkan tak ada perubahan, mempersalahkan waktu yang telah dilalui. Padahal langkah itu masih bisa diciptakan.

Allah menciptakan siang dan malam, siang untuk bekerja, malam untuk istirahat. Demikianlah seyogianya Allah mengisyaratkan hikmah, bahwa diri kita ini juga punya keterbatasan, dan ia pun butuh istirahat. Namun jangan menyalahkan siang, tatkala kita telah tertidur lelap di malam hari, atau menyalahkan pagi yang datang, padahal kita begadang di malam hari. Mengeluh berkepanjangan bukan jalan orang-orang yang berhasil, dan keluh kesah bukan untuk dipelihara. Tapi mengeluhlah tatkala diri merasa lemah, mengeluhlah saat semangat mulai padam, mengeluhlah saat iman memudar, karena Allah Maha Mendengar segala keluhan, dan itulah hal yang harusnya patut dikeluhkan. Sebab, orang yang tak pernah mengeluhkan kekhilafannya, tak kan mampu melakukan perbaikan untuk dirinya.

Isilah hari dengan semangat, meskipun penat. Isilah hari dengan semangat, meskipun pucat. Isilah hari dengan semangat, meski penuh keringat. Tak ada yang sia-sia dan tak ada yang terjadi begitu saja tanpa makna. Got it.

Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s