100814_0931_BerkahnyaUs1.jpg

Berkahnya Usaha, Tak Ada yang Sia-Sia

Ilustrasi : brandonsteiner.com

Berfokuslah dengan langkah, lihatlah lebih dekat, dan tetaplah berharap. Karena sesungguhnya setiap jalan cerita hidup ini sudah selesai, dan kita tinggal melaluinya dengan sebaik-baiknya dengan niat yang ikhlas. Maka tak perlu berburuk sangka ketika mendapat musibah, tak perlu jua takabur ketika mendapat keberuntungan. Sebab, rezeki kita sudah diatur oleh Allah swt, dan segala apa yang kita peroleh di masa lalu, sekarang dan hari yang akan datang tidak adalah melainkan semuanya datang dari Allah swt.

Maka lihatlah semut yang senantiasa giat bekerja membangun sarang meskipun bertubuh mungil, ia tak kehabisan akal melainkan saling bahu membahu. Mereka seakan tau kekurangan, namun justru dengan kekurangan itu mereka melakukan hal yang lebih luar biasa. Belajar pulalah dari lebah, meskipun gigitannya alangkah menyakitkan, namun ia mampu membuat manfaat yang jauh lebih dahsyat dari madu yang ia hasilkan. Maka apalah keraguan bahwa semua ciptaan-Nya di dunia ini tak ada yang sia-sia bukan?

Termasuk segala masalah dan problem yang kita hadapi sehari-hari, maka tak ada keraguan lagi bahwa dibalik itu semua sebenarnya sudah ada hikmah yang disediakan oleh Allah swt. Maka untuk apa lagi mengeluh ketika mendapat kesulitan? Bukankah Allah sudah nyata-nyata berkata di dalam firman-Nya..

“Allah tidak membebani seseorang kecuali sesuai dengan batas kemampuannya. Baginya ganjaran untuk apa yang diusahakannya, dan ia akan mendapat siksaan untuk apa yang diusahakannya. Dan mereka berkata, Ya Tuhan kami, janganlah Engkau menghukum kami jika kami lupa atau kami berbuat salah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau membebani kami tanggung jawab seperti Engkau telah bebankan atas orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami janganlah Engkau membebani kami apa yang kami tidak kuat menanggungnya; dan ma’afkanlah kami dan ampunilah kami serta kasihanilah kami kerana Engkaulah Pelindung kami, maka tolonglah kami terhadap kaum kafir.” (Al Baqarah : 287)

Maka jangan lagi menyesali apa yang kita dapati karena sesungguhnya itulah rezeki kita, itulah buah dari usaha kita, dan jika kita merasa sudah berbuat yang sebaik-baiknya yang kita bisa, maka bersyukurlah dengan setiap rezeki yang Allah berikan karena itulah rezeki yang berkah dan yang jauh lebih tinggi harganya di mata Allah swt. Insya Allah.🙂

Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s