DSC07762

Impian: Angan-Angan ataukah Cita-Cita?

Angan-angan dan cita-cita, mungkin artinya beda tipis. Kedua-duanya sama-sama impian, tapi sesungguhnya berbeda maksud. Bolehlah bermimpi, bukan menjadi angan-angan, melainkan cita-cita. Lalu apa bedanya?

Angan-angan itu mimpi tanpa usaha.

Cita-cita itu mimpi yang disertai usaha.

Begitu pendapat seorang muda yang belum lagi pantas menyampaikan arti. Jika benar perkenankan, jika salah mohon dimaafkan.🙂

Lalu ada apa dengan keduanya?

Hendaklah jangan mimpi-mimpimu hanya sebatas angan, tapi jadikanlah ia sebuah cita. Karena Allah tak suka hamba-Nya yang selalu berangan-angan, tetapi Ia mencintai hamba-Nya yang tinggi cita-citanya.

Mengenai angan-angan, Allah swt berfirman, “Biarkanlah mereka (di dunia ini) makan dan bersenang-senang dan dilalaikan oleh angan-angan (kosong), maka kelak mereka akan mengetahui (akibat perbuatan mereka).” (QS. Al Hijr: 3)

Adapun sabda Rasullullah saw, “Orang yang cerdas adalah orang yang sudi mengoreksi diri dan beramal untuk kehidupan setelah mati, sedangkan orang yang lemah adalah orang yang mengikuti hawa nafsunya, lalu berangan-angan kepada Allah.” (HR.Tirmidzi)

Adapun mengenai cita-cita, Rasulullah saw bersabda, “Bersungguh-sungguhlah mengupayakan apa-apa yang bermanfaat untukmu, memohonlah pertolongan kepada Allah dan jangan kamu merasa lemah (pesimis).” (HR. Muslim). Cita-cita itulah harapan yang disertai kesungguhan usaha dan do’a. Dan itulah yang dicintai oleh Allah.

Maka sesuai pula dengan falsafah hidup yang disampaikan Buya Hamka berpuluh-puluh tahun yang lalu, “Maka siapa yang hendak sederhana, Tawakallah kepada Tuhan, hidupkanlah cita-cita, dan berbaik sangkalah kepada sesama manusia. Berifikirlah sederhana dan jagalah tiga perkara itu.” (Falsafah Hidup, 1940).

Kiranya demikian. Semoga setiap impian kita bukanlah sekedar angan-angan, melainkan cita-cita.. Evaluasi lagi niat, sudahkah dibarengi usaha? Astaghfirullah.. Tetap semangat!😀

2 thoughts on “Impian: Angan-Angan ataukah Cita-Cita?

Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s