Foto welfie Montercarlo full member

Internsip Dimulai

Alhamdulillah, akhirnya internsip dimulai. Sebuah langkah awal mengaplikasikan ilmu dan keterampilan sebagai seorang dokter. Ya, meskipun harus menunggu sekian bulan untuk itu, seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya disini, setidaknya proses panjang itu kembali berlanjut. Sebagai dokter yang baru diangkat, internsip pada zaman sekarang merupakan kewajiban yang harus ditempuh agar dapat memiliki kewenangan untuk berpraktik secara mandiri. Maka, selama proses itu berlangsung, dokter itu dikenal dengan istilah dokter internsip.

Mengenai istilah dokter internsip, mungkin sebagian orang teringat akan sebuah kasus yang hangat akhir-akhir ini. Tentang peristiwa yang dialami oleh salah seorang sejawat kami, dokter Andra, yang meninggal ketika bertugas sebagai dokter internsip di Rumah Sakit Kota Dobo, Kepulauan Aru, Maluku beberapa waktu silam. Ketika itu dokter internsip sempat disalah artikan oleh media menjadi istilah lain, seperti “dokter muda”, atau “dokter magang”, atau bahkan “mahasiswa” -yang lebih sedihnya dibilang sendiri demikian oleh Bu Menkes, walaupun beliau sudah mengaku salah dan minta maaf-.😥 Meski dengan istilah demikian, seorang dokter internsip tetaplah dokter, karena gelar itu telah resmi disematkan ketika yudisium sesuai keilmuan dan kompetensi yang dimilikinya dan tentu saja setelah melafadzkan sumpah dokter. But after all, semoga ada sisi positif yang bisa di ambil sebagai pelajaran.

Well, sebenernya pengen cerita dikit tentang awal-awal menjadi dokter internsip. Setelah mendapat wahana di Payakumbuh, kota kelahiran saya, kami pun akhirnya dipertemukan. Ya, sejawat-sejawat yang bernasib sama. Delapan belas orang yang ditempatkan di wahana yang sama, yang tentu saja otomatis menjadi kawan seperjuangan selama setahun ke depan. Entah kenapa, mungkin karena faktor tempat tinggal dan orang asli Payakumbuh, saya diamanahkan menjadi koordinator dokter internsip di sana, -meskipun saya sudah berusaha menolak dengan berbagai cara, wkwk. Innalillah.. :'(

Setelah menjalin komunikasi, tanggal 10-11 November 2015 akhirnya pembekalan untuk dokter Internsip angkatan XXIII wilayah kerja Sumatera Barat digelar di kantor dinas kesehatan Propinsi di Kota Padang. Ada ratusan dokter baru yang hadir dan diberi pembekalan, yang berasal dari berbagai universitas di Indonesia dengan wahana berbeda-beda. Barulah tanggal 12 November kami semua resmi diberangkatkan ke tempat masing-masing.

Kami, yang berada di wilayah kerja Payakumbuh, ditugaskan di Rumah Sakit Umum Daerah Adnaan WD Kota Payakumbuh dan Puskesmas Payolansek. Alhamdulillah, sesampainya di wahana, kami disambut dengan hangat oleh direktur RSUD beserta jajarannya, lanjut kepala dinas Kesehatan Kota Payakumbuh beserta jajarannya, dokter pendamping kami, dr.Dila, dr.Ezi dan dr.Nana, dan juga dengan sejawat di Puskesmas. Sejauh ini alhamdulillah respon mereka luar biasa. Saking luar biasanya, terbentuklah sebuah sebutan untuk kelompok dokter internsip kami, bernama “Montecarlo”. Jangan tanya kepanjangannya. Hehe😀

1447322036323
Dokter Internsip Payakumbuh Angkatan XXIII bersama dr.Merry Direktur Utama RSUD Adnaan WD Payakumbuh
1447322055933
Bersama dokter pendamping, dr. Elsa Sri Fadila
1447404147324
Foto welfie Montercarlo full member🙂

Dari 18 orang, kami dibagi menjadi 3 kelompok kecil yang masing-masing terdiri dari 6 orang dan ditempatkan di bagian yang berbeda-beda, yaitu bagian IGD, Rawat inap dan poliklinik, serta puskesmas. Ketiga bagian itu mesti dijalani masing-masing selama 4 bulan dan dilakukan secara bergantian antar kelompok. Saya sendiri ditempatkan di bagian rawat inap dan poliklinik, melayani pasien yang sedang dirawat inap di bangsal dan sedang rawat jalan di poliklinik.

Termasuk hari ini, meskipun masih perlu mengurus beberapa prosedur administrasi, setidaknya saya sudah mulai mengikuti kegiatan dinas harian di bagian Rawat Inap. Bertemu dengan konsulen dan dokter jaga ruangan, berinteraksi dengan perawat di sana, merupakan suasana lama yang kembali menyapa setelah hampir satu tahun tidak bertugas di rumah sakit. So far so good alhamdulillah, semoga ke depannya tetap lancar dan setiap masalah bisa diselesaikan dengan baik.. Amin.

Meski demikian, memang butuh persiapan tersendiri ketika memulai dinas jaga di rumah sakit. Misalnya seperti harus kembali mengulang-ulang ilmu yang telah dipelajari selama bangku pendidikan, yang notabene bersifat ilmu praktis. Ya, tentu saja jika telah lama ditidurkan mestilah harus dibangunkan kembali agar dapat diingat. Bak pepatah orang Minang, lanca kaji dek diulang. Artinya, mudahnya ilmu dipelajari adalah karena sering diulang.🙂 Namun, mudah-mudahan, banyak hal yang bisa diperoleh selama menjalani internsip setahun ke depan. Karena, meksipun dengan berbagai polemik yang mendera, kegiatan internsip ini menurut saya pribadi memang cukup bermanfaat, terutama dalam hal menambah pengalaman dan mengasah keterampilan sebagai seorang dokter yang profesional.

Mohon doanya juga, semoga Allah memberikan kemudahan dalam menjalankan tugas berat menjadi dokter yang dapat mengayomi dan melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya. Karena memang sesungguhnya, sesuai sabda Rasulullah saw juga, “manusia yang paling baik adalah manusia yang paling bermanfaat bagi manusia yang lainnya”. Apapun pekerjaannya, yang penting, hati ini memang harus ditata ulang untuk dapat berbuat lillahi ta’ala, menghilangkan segala niat-niat lain yang dapat merusak esensi amal yang bernilai ibadah mulia ini, dengan harapan apapun pekerjaan yang kita kerjakan, tidaklah kita lakukan melainkan semata-mata karena mengharap ridha dari-Nya, sementara rezki dan kemuliaan, merupakan reward tambahan dari Allah. Sebab, hidup kita hari ini memang adalah untuk kehidupan kita selanjutnya, dan tentu saja teramat-sangat rugi dan sayang untuk di sia-siakan. Wallahu’alam 🙂

Bismillahi tawakkaltu ‘alallah. ~🙂

Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s