resolusi1

Planning For 2016

Bismillah.. Tulisan pertama di tahun ini saya tuliskan meski telat 6 hari. Hehe. Tiada mengapa, hanya sedikit ingin mengisi blog yang postingannya bener-bener ngesot beberapa bulan terakhir. Hehe. 

Mengenai blog ini, mungkin ingin sedikit bercerita mengenai awal mulanya tercipta. Tahun 2009, ya, tahun dimana blog ini mulai saya buat dengan niat awalnya hanya ingin menuliskan beberapa pengalaman kecil ketika di tahun-tahun terakhir SMA. Waktu itu, saya baru familiar dengan yang namanya internet, hha, memang benar-benar telat. -Secara waktu itu internet baru booming. Tiada mengapa, blog ini pun saya buat di sebuah warnet setelah beberapa waktu sebelumnya di sekolah kami belajar tentang mendesain sebuah website. Lalu tetiba saja kepikiran, mengapa nggak sekalian bikin website pribadi?  Well, so far akhirnya setelah browsing kemana-mana barulah saya mengetahui tentang blog, sebuah website mini yang gratisan.

Maka, mulailah postingan pertama itu muncul. Selain waktu itu lagi hobi banget ngedesain grafis, walhasil theme blog saya justru lebih sering update daripada isi tulisan blognya. Mulai dari desain-desain alai dengan sekian pernak-pernik, sampai akhirnya lebih memilih theme yang simple seperti hari ini. Hhe.

Waktu berlalu hingga perjalanan blog ini pun mempunyai drama dan cerita sendiri. Tema awalnya mungkin berisi tulisan-tulisan seputar pengalaman ketika pertama kali kuliah di kedokteran, lalu berlanjut ke tulisan-tulisan ilmiah kayak referensi bahan kuliah kedokteran -yang sampai hari ini selalu dapat jatah traffic tertinggi-, tulisan-tulisan dakwah ketika aktif di FSKI (Forum Studi Kedokteran Islam), sampai ke hal-hal gaje yang melankolis seperti puisi dan tulisan-tulisan galau. Hahahaha. Tak lama sesudah itu, saya pun kembali semangat menuliskan beberapa pengalaman yang saya rasa menarik untuk disampaikan, hingga lambat-laun isi blog ini berisi seputar perjalanan saya menjadi seorang dokter -meskipun traffic-nya selalu kalah dari referensi kuliah. Hehe.

Memang hobi dan minat kita mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Misalnya tahun 2015 yang lalu, sepertinya saya mendapatkan tema baru yang menjadi hobi di tahun tersebut, yaitu seputar traveling dan buku bacaan. Dua hobi baru itu -traveling sama membaca- tiba-tiba saja muncul, hingga sebagian besar isi blog ini belakangan ini berisi tentang tempat-tempat baru yang saya kunjungi dan buku-buku baru yang saya baca sampai tuntas.

Jika bicara tentang tahun 2015, tahun itu mungkin adalah tahun terbaik yang pernah saya alami selama hidup saya. Ada beberapa peristiwa penting yang saya alami di tahun tersebut, dan saya rasa sangat useful untuk melanjutkan perjalanan di tahun berikutnya. Di tahun itulah, saya menghadapi ujian terbesar selama kuliah di kedokteran, UKMPPD. Di tahun itu pula, saya terbang ke Eropa dan belajar di Italia. Tahun itu pula, saya mendapat pengalaman traveling yang luar biasa, melihat dunia lebih luas dan lebih benderang. Lalu, tidak ada pula yang lebih membahagiakan ketika lulus dari UKMPPD dan dilantik sebagai seorang dokter. Pengalaman yang alhamdulillah, dan masya Allah.

Well, di tahun 2016 ini saya masih belum bisa memprediksi kejadian dan tulisan seperti apa yang akan muncul di blog saya ini, hha. Tapi, izinkan saya menyampaikan beberapa niat yang sempat saya munculkan dalam hati. Ada semacam resolusi untuk 2016 ini.

  1. Menyelesaikan tugas sebagai dokter internsip dengan sebaik-baiknya.
  2. Ikut tes IELTS dan dapat score di atas 6,5 for all subjects.
  3. Apply kuliah S2 overseas dan mendapat LoA
  4. Apply beasiswa
  5. Membaca minimal 4 buku/bulan
  6. Menerbitkan sebuah buku
  7. Memperbaiki amalan yaumi

Well, sebagai manusia, kita hanya bisa berencana, namun masa depan yang terbaik tentu saja Allah-lah yang lebih mengetahuinya. Namun satu nasihat untuk diri saya sendiri, dan mungkin kita semua, umur kita di dunia ini semakin hari pada hakikatnya bukan semakin bertambah melainkan semakin berkurang. Jika tidak ada satu cuilpun kebermanfaatan yang kita torehkan selama kita masih diberi waktu oleh Allah, maka apalah yang akan kita bawa untuk hari akhirat kelak? Semoga semakin hari kita bisa terus menjadi pribadi yang lebih baik. Amin. :D

resolusi1

6 thoughts on “Planning For 2016

  1. Aslkm.

    Salam kenal Pak Dokter.
    Boleh minta alamat email?
    Saya ingin menjelajah negeri payakumbub seperti di blog antum.
    Barangkali bisa saya bertanya ke antum agar trip saya lebih berkesan.

    Salam.

    Jhendri
    085271138683

    Like

  2. hi Sandu, duh namanya bagus tapi susah ditulisnya takut salah hehe. salam kenal…
    resolusi yang bagus, semoga terwujud ya.. tapi anw, kenapa memilih S2 di LN instead of sekolah ppds?

    Like

    • Hi Tia. Salam kenal juga.. Mks udah berkunjung. Kenapa memilih S2, hm, mungkin minatnya saya kesana mbak. Barangkali. Hehe. Sulit untuk dijelaskan.🙂

      Like

Komentar Anda

