Panorama di Balik Kaca Kemudi

Hidup terus berlalu bagai roda yang berputar. Kadang di atas, kadang di bawah. Ada kalanya kita merasakan kucuran semangat, namun suatu saat datang pula sebaliknya. Keduanya mengaduk emosi, bagaikan ketika pedal gas sedalam pijakan berganti dengan hentakan rem mendadak. Duar, semuanya bergejolak.

Ketika niat berkata bahwa “inilah alasan saya”, kedua lengan sigap menanggung beban berat. Tampaknya apabila alasan itu tak cukup memuaskanmu, pada akhirnya kau terhenyak. Dan ketika kau dapati bahwa ternyata beban itu berada di luar prediksimu, dan kegagalan demi kegagalan mendapatimu, kau pun merasa tak lagi percaya pada dirimu.

Ada yang salah, ya. Sepertinya begitu.

Kini ku punya suatu pertanyaan untukmu. Ketika rem itu telah habis ditekan hingga roda nyaris berhenti, tiba-tiba seseorang menabrakmu dari belakang dan memaksamu menginjak pedal gas lebih dari biasanya agar kau bisa melesat lebih jauh meski dalam ketidakpastian, apa yang akan kau lakukan? Pasrah? Maksudku, pasrah sambil menginjak gas atau tetap gigih menginjak rem meski kau akan babak belur terseret ke depan?

Merdekakan dirimu. Jangan bodoh.

Ingin rasanya kulantang meneriaki dirimu, bahwa tak perlu ada alasan lain selain dirimu untuk bebas memilih maju. Bukankah kau yakin dengan rencana Tuhanmu? Bukankah kau telah diajarkan bertawakal kepada-Nya yang Maha Tahu akhir sebuah cerita hidup?

This life is just a drama. So, let it be and don’t take it seriously.

Dan alangkah baiknya, jika kau telah menetapkan tujuan akhir dari perjalanan hidupmu. Maka anggap saja semua hal yang kau lalui dan kau alami adalah panorama dari balik kaca kemudimu. Karena semuanya pasti berujung pada sebuah akhir.

Tak seorangpun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan. (QS. As Sajdah, 17)

DSC_0686
Pemandangan di balik kaca mobil ketika kembali dari kampung halaman

Your Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s