Anak Rantau – A.Fuadi [Book Review]

Maafkan, maafkan, maafkan, lupakan. Kata-kata ini adalah salah satu kutipan yang paling menjiwai kisah di dalam novel karya Ahmad Fuadi ini. Ya, kisah-kisah yang dibawakan oleh penulis kelahiran Bayur Sumatera Barat ini memang selalu saja menarik bagi saya. Apalagi di dalam bukunya kali ini, berjudul Anak Rantau. Anak Rantau, bagi saya yang pertama kali membaca … Continue reading Anak Rantau – A.Fuadi [Book Review]

Sepenggal Jakarta #BackpackerStories – Part 2

Perjalanan solo backpacker itu akhirnya dimulai. Minggu, pukul tiga dini hari, saya sudah terbangun. Usai mengambil wudhu' dan shalat sunnah dua rakaat, saya kembali berkemas-kemas memastikan sebuah ransel dan tas kecil yang telah saya persiapkan sehari sebelumnya sudah cukup terisi. Ketika melirik jam dinding di kamar, waktu sudah menunjukkan pukul setengah empat, itu artinya tiga … Continue reading Sepenggal Jakarta #BackpackerStories – Part 2

Titik Nol, Makna Sebuah Perjalanan – Agustinus Wibowo [Book Review]

Ini buku luar biasa, terutama bagi penikmat perjalanan. Berawal dari persinggahan saya di Gramedia Padang selepas dinas di malam tahun baru itu, saya menemukan buku ini. Perjalanan menjadi tema, dan demi memupuk gelora traveling yang beberapa waktu ini mulai bercokol di benak saya, buku ini bak air laut yang membuat saya semakin haus setelah meminumnya. … Continue reading Titik Nol, Makna Sebuah Perjalanan – Agustinus Wibowo [Book Review]

Reading Challenge in The Last 2016: Memperkaya Intuisi, Menciptakan Imajinasi, Hingga Menggugah Hati Nurani

Tahun 2016 kemarin mungkin bisa dibilang tahun yang paling produktif buat saya untuk membaca buku. Semenjak memulai kebiasaan ini sejak 2015, saya tidak memungkiri banyak banget manfaat yang diperoleh dari kegiatan membaca. Selain mengisi waktu senggang dengan menambah wawasan, membaca buku bisa membuat kita berimajinasi lebih luas dari sebelumnya. Percaya nggak? Itu yang saya rasakan. Saya … Continue reading Reading Challenge in The Last 2016: Memperkaya Intuisi, Menciptakan Imajinasi, Hingga Menggugah Hati Nurani

Beyond the Inspiration – Felix Y. Siauw [Book Review]

Pada suatu masa, Islam diingat sebagai suatu peradaban yang terbesar dan terhebat, memberikan kontribusi yang tak terhitung banyaknya dalam bidang sains dan kesejahteraan ummat manusia. Namun pada saat ini, kebanyakan manusia tidak lagi mengingat Islam sebagai inspirasi yang membuat ummatnya berdiri tegak di hadapan ummat lain, bahkan kaum Muslim sendiri pun lupa akan jatidiri mereka. … Continue reading Beyond the Inspiration – Felix Y. Siauw [Book Review]

Dalam Dekapan Ukhuwah – Salim A. Fillah [Book Review]

Lagi pengen ngereview lagi. Buku ini sebenarnya sudah saya baca September lalu, tapi belum sempat membuat reviewnya. Meski pertama kali beli awal tahun 2011 silam, walhasil baru  kali ini sempat menamatkannya. Cerita saat pertama kali baca adalah ketika menjadi panitia sebuah event bedah buku di Masjid Nurul Iman Padang. Ketika itu saya masih berstatus mahasiswa pre klinik … Continue reading Dalam Dekapan Ukhuwah – Salim A. Fillah [Book Review]

Cinta di Dalam Gelas – Andrea Hirata [Book Review]

Novel kedua dari dwilogi Padang Bulan karya Andrea Hirata ini berjudul Cinta di Dalam Gelas. Novel ini merupakan buku pertama yang saya baca bulan September ini. Tapi baru sempat nulis reviewnya sekarang, hehe. 🙂 Bagi yang pernah baca mungkin gak ada salahnya mengingat-ingat lagi kisahnya, bagi yang belum insya Allah ini ada sedikit wejangan. Semoga bermanfaat … Continue reading Cinta di Dalam Gelas – Andrea Hirata [Book Review]

Padang Bulan – Andrea Hirata [Book Review]

Novel berikut ini adalah novel mengenai perjuangan hidup dan perjuangan cinta. Buku ini merupakan buku terakhir yang sempat saya baca bulan Agustus lalu, dan merupakan bagian pertama dari dwilogi Padang Bulan karya Andrea Hirata, penulis novel fenomenal Laskar Pelangi. Novel yang udah lama banget ya? Tapi baru kebaca sekarang. Hehe.. Cekidot 🙂 Details Judul: Padang … Continue reading Padang Bulan – Andrea Hirata [Book Review]