Anak Rantau – A.Fuadi [Book Review]

Maafkan, maafkan, maafkan, lupakan. Kata-kata ini adalah salah satu kutipan yang paling menjiwai kisah di dalam novel karya Ahmad Fuadi ini. Ya, kisah-kisah yang dibawakan oleh penulis kelahiran Bayur Sumatera Barat ini memang selalu saja menarik bagi saya. Apalagi di dalam bukunya kali ini, berjudul Anak Rantau. Anak Rantau, bagi saya yang pertama kali membaca … Continue reading Anak Rantau – A.Fuadi [Book Review]

Intoleransi Yahudi di Masjid Al Aqsa: Belajar dari Sejarah

Batin saya begitu tersentak mendengar kabar yang beredar dari Palestina seminggu terakhir ini. Ya, kabar itu datang dari Masjidil Aqsa, masjid suci ketiga bagi umat Islam, tempat dimana Nabi Muhammad saw mengalami peristiwa Isra' Mi'raj. Masjid yang berdiri di kota Yerusalem itu kini seolah tersandra oleh kungkungan tentara Yahudi Israel. Mereka secara sewenang-wenang telah menutup … Continue reading Intoleransi Yahudi di Masjid Al Aqsa: Belajar dari Sejarah

Kangen Nulis

Rasanya sudah lama sekali saya tidak menulis lagi di blog, padahal begitu banyak yang ingin diceritakan. Hehe. Mulai dari perjalanan backpacker akhir Januari lalu yang sudah terlewat enam bulan belum juga selesai ditulis, ditambah lagi hutang review buku bacaan yang belum terbahas. Ya, kadang memiliki target menulis malah berdampak sebaliknya, abulia, alias gak jadi-jadi. Hehe. Ah, … Continue reading Kangen Nulis

Memaknai Sisa Perjalanan di Jakarta #BackpackerStories – Part 4

The journey continues.. Hal yang paling membuat saya terkenang dengan perjalanan di Jakarta kali ini adalah merasakan sehari menjadi warga ibukota. Berjalan kaki di bawah terik matahari, berkerumun di jembatan penyebrangan, ikut mengantri naik busway hingga angkot, dan bertemu dengan kenalan-kenalan baru yang baik hati menemani dan menunjukkan jalan. Shalat di Masjid Istiqlal Cerita di … Continue reading Memaknai Sisa Perjalanan di Jakarta #BackpackerStories – Part 4

Sepenggal Jakarta #BackpackerStories – Part 2

Perjalanan solo backpacker itu akhirnya dimulai. Minggu, pukul tiga dini hari, saya sudah terbangun. Usai mengambil wudhu' dan shalat sunnah dua rakaat, saya kembali berkemas-kemas memastikan sebuah ransel dan tas kecil yang telah saya persiapkan sehari sebelumnya sudah cukup terisi. Ketika melirik jam dinding di kamar, waktu sudah menunjukkan pukul setengah empat, itu artinya tiga … Continue reading Sepenggal Jakarta #BackpackerStories – Part 2

Pertanyaan Sulit Saat Musim Nikah: Kapan Nyusul?

Dua ribu tujuh belas mungkin akan menjadi tahun yang penuh dengan romantika, terutama bagi manusia seumuran saya, ketika fenomena pernikahan mulai memenuhi jagad. Bagi teman-teman seangkatan saya sendiri, mungkin fenomena pernikahan itu sudah menjadi semacam bola panas yang menunggu giliran pemainnya untuk berlaga, terutama ketika usia subur dan mapan telah berhembus. Jika dilihat dari angka, 2017 mengandung … Continue reading Pertanyaan Sulit Saat Musim Nikah: Kapan Nyusul?

Balada Kegalauan Fresh Graduate tentang Masa Depan

Masa depan, ah, sesuatu yang masih misterius. Plus dengan sekelumit kemungkinan. Banyak orang bawa perasaan alias baper jika berbicara mengenai masa depan. Tentang karir, pendidikan, keluarga, sampai jodoh sekalipun. Apalagi bagi yang baru saja selesai menamatkan pendidikan, belum berkeluarga dan berada di persimpangan. Berawal dari obrolan hangat dengan seorang sahabat beberapa waktu lalu, topik tentang … Continue reading Balada Kegalauan Fresh Graduate tentang Masa Depan

Memulai Langkah Sebagai Dokter Internsip

Syukur Alhamdulillah beberapa hari lalu, lebih tepatnya tanggal 29 September 2015, pemilihan wahana untuk Internsip akhirnya tiba. Tentu momen yang sudah sangat-sangat ditunggu itu merupakan waktu yang amat bersejarah buat saya. Setelah enam bulan menyandang gelar dokter dengan status tak jelas, syukur alhamdulillah kali ini sudah ada secercah harapan baru buat saya untuk melanjutkan masa penantian yang teramat sangat panjang … Continue reading Memulai Langkah Sebagai Dokter Internsip

Invasi Kabut Asap

Beberapa minggu terakhir kualitas udara di Payakumbuh bener-bener menghawatirkan. Mungkin tidak separah kota tetangga, misalnya Pekanbaru yang kualitas udaranya sudah mencapai level berbahaya. Usut punya usut tentu saja gak pernah bisa jauh dengan hasil pembakaran hutan. Entah emang dibakar atau emang kebakar sendiri sebab musim kemarau. 😥 Bencana tahunan. Dua minggu yang lalu udara masih … Continue reading Invasi Kabut Asap