Dokter Ideal

Dokter adalah sebuah profesi yang sejak dulu menjadi cita-cita saya, berada setingkat dibawah keinginan saya menjadi guru. Bicara tentang hal ini, Jum’at sore itu saya kembali mendapatkan sebuah motivasi luar biasa dari seseorang yang luar biasa. Meski usia beliau ini sudah 77 tahun, wajahnya tetap saja masih bersih dan fikirannya masih saja jernih. Beliau adalah seorang dokter yang sukses, dan karirnya sungguh cemerlang di masanya dahulu hingga sekarang. Seorang profesor dan spesialis bedah ternama, dan pernah mengabdikan diri di Fakultas Kedokteran Unand.

Ada tujuh kriteria dokter ideal yang beliau sampaikan pada saya, yang harus menjadi pegangan saya jika benar-benar ingin menjadi seorang dokter yang profesional. Lima kriteria di antaranya beliau kutip dari definisi WHO (maaf, yang teringat cuma 4 –“), dan dua setelahnya adalah tambahan untuk dokter ideal-nya Indonesia. Mudah-mudahan para dokter Indonesia khususnya yang muslim memiliki kriteria ini di dalam kehidupannya, termasuk calon-calon dokter di masa yang akan datang. Poin-poinnya adalah sebagai berikut:

  1. Health Care Provider – yakni seorang pelayan kesehatan. Seorang dokter adalah ‘pelayan’ bagi masyarakat, bukan memanfaatkan profesi yang ia miliki untuk kepentingan pribadinya sendiri. Dokter yang sebenar-benarnya adalah peduli, penuh pengabdian, dan bukan semata-mata mencari uang. Jika ‘tujuan utama’ menjadi dokter adalah untuk mencari uang, lebih baik berhenti saja kuliah kedokteran. Mending jadi pengusaha saja.
  2. Problem Solver – yakni seorang pemecah masalah. Seorang dokter harus mampu mengatasi setiap model permasalahan yang ada, bukan hanya mengenai masalah medis, tapi dari segala bentuk masalah apapun yang ia tempuh. Ia harus bersungguh-sungguh mencari setiap solusi dari setiap masalah yang ia hadapi, dan tak ada kata menyerah untuk seorang dokter.
  3. Good Communicator – yakni seorang komunikator yang baik. Seorang dokter harus pandai berkomunikasi dengan orang lain, dengan akhlak yang baik dan etika yang sesuai. Tidak hanya terhadap pasien, tapi terhadap siapa saja yang berhubungan dengannya, termasuk menjalin silaturrahmi dengan keluarga dan kerabat, guru, murid, rekan sejawat, masyarakat umum, dan siapa saja. Seorang dokter tidak boleh pendiam, namun tidak juga boleh banyak bicara. Lisannya harus baik dan menyejukkan bagi siapa saja yang ia temui.
  4. Community Leader – yakni seorang pemimpin bagi komunitasnya. Seorang dokter harus bisa memimpin, dan harus mempunyai jiwa kepemimpinan. Ia pandai membagi waktunya untuk hal-hal yang dipimpinnya, bertanggung jawab, visioner, dan mengayomi orang di sekitarnya.
  5. Yang kelima ini jujur saya lupa, hiks, lain kali saya harus menyimak lebih baik lagi. ><
  6. Beriman – yakni seorang yang memiliki sandaran dan pedoman akan apa yang dilakukannya. Ia beriman kepada Allah, dan kepada Dinnul Islam. Ia harus percaya dan yakin bahwa ia bukanlah seorang yang menyembuhkan, akan tetapi Allah-lah yang menyembuhkan. Ia sadar bahwa ia hanyalah manusia yang ditakdirkan oleh Allah untuk menjadi media penyembuh bagi orang-orang yang sakit, karena itu ia selalu bertawakal kepada Allah dan bersungguh-sungguh dalam setiap pekerjaannya.
  7. Bertaqwa – yakni seorang yang selalu menjaga dirinya dalam perbuatan yang diredhai oleh Allah. Ia mengerjakan segala perintah Allah, dan ia menjauhi segala larangan Allah. Termasuk di dalam profesinya sebagai seorang dokter, ia tak akan melakukan hal-hal yang membuat Allah murka dan senantiasa mengejar cintanya Allah.

Subhanallah.. Sekarang saya mengerti betapa beratnya beban seorang dokter, dan saya pun memahami bahwasanya betapa mulianya seorang dokter bagi kemaslahatan manusia.

Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s