Renungan dari Langit, dari Sebuah Meteor

Peristiwa jatuhnya meteor di langit Russia pada 15 Februari 2013 yang lalu cukup mengejutkan. Dikutip dari kompasiana,  sejumlah meteor telah melintas, meledak, dan jatuh di wilayah Ural, Rusia bagian tengah. Meteor yang diperkirakan berat rata-ratanya sekitar 10 ton dengan kecepatan supersonik hingga 540.000 kilometer per jam itu meledak di ketinggian 30-50 kilometer, kemudian melintas dan untungnya jatuh di daerah tak berpenghuni. Namun demikian dampaknya sudah cukup serius. Sejumlah bangunan runtuh, dan di kota Chelyabinsk saja diperkirakan ada 1.200 orang yang mengalami luka-luka akibat terkena reruntuhan.

Video berikut menunjukkan detik-detik jatuhnya meteor tersebut.

Itu baru sekedar meteor. Sekali lagi, kita manusia tak mampu berbuat apa-apa. Maka, sungguh telah nyata betapa besarnya kekuatan dan kekuasaan Sang Maha Kuasa. Namun, kadang kita masih saja sempat berlaku sombong dan membanggakan diri, padahal tiada satu pun yang dapat kita sombongkan di hadapan-Nya.

Sungguh meteor itu membawa peringatan untuk umat manusia, agar kita bisa melihat lebih dalam dengan pikiran yang jernih akan tanda-tanda kebesaran Allah swt.

“dan sesungguhnya kami (jin) telah mencoba mengetahui (rahasia) langit, maka kami mendapatinya penuh dengan penjagaan yang kuat dan panah-panah api, dan sesungguhnya kami dahulu dapat menduduki beberapa tempat di langit itu untuk mendengar-dengarkan (berita-beritanya). Tetapi sekarang barangsiapa yang (mencoba) mendengar-dengarkan (seperti itu) tentu akan menjumpai panah api yang mengintai (untuk membakarnya). Dan sesungguhnya kami tidak mengetahui (dengan adanya penjagaan itu) apakah keburukan yang dikehendaki bagi orang yang di bumi ataukah Tuhan mereka menghendaki kebaikan bagi mereka.” (Q.S.Al Jin: 8-10)

Wallahu’alam.

Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s