JC Adventure Begins

Tibalah saatnya kami *baca aku dan teman2ku di Dorland (angkatan 2009 Pendok FK Unand), menyicipi santapan lezat menjelang terjun ke dunia klinik. Inilah dia Junior Clerkship. Semacam pre-clerkship, atau dalam bahasa sehari-hari kami di kampus, masa-masa sebelum koas *Co-asst. Hidangannya masih hangat, dan setidaknya nafsu lapar kami sedang dalam kondisi yang bagus. Amin insyaAllah.

Junior Clerkship atau yang biasa disingkat dengan istilah JC (baca: je se), merupakan tahap penyesuaian mahasiswa kedokteran semester terakhir sebelum masuk ke dunia klinik. Di kampus Unand, JC ini baru saja dimulai untuk mahasiswa PBL dalam 2 tahun ini, dan kami merupakan angakatan kedua yang menyicipi hidangan JC setelah sebelumnya telah disantap kakak-kakak Costa-8 (angkatan 2008). Kata bapak-bapak dan ibu-ibu dosen, JC ini lebih ditekankan untuk melatih skill fisik diagnostik kami, memantapkan kemampuan menganamnesis dan pemeriksaan fisik.

JC tahun ini -juga seperti tahun yang lalu-, terdiri dari 4 siklus besar, yakni Interne (Penyakit Dalam), Anak, Bedah dan Obgyn (kandungan). Dorland pun dibagi menjadi 4 kelompok besar (ABCD), untuk menjalani ke-4 siklus tersebut. Dan masing-masing kelompok besar ini dibagi-bagi lagi menjadi beberapa kelompok kecil yang masing-masing akan dibimbing oleh 2 orang tutor dari kalangan dokter spesialis dan residen-residen beliau. Kebetulan aku berada di kelompok B angkatan, dan masuk di kelompok B1. Alhamdulillah siklus pertama kami adalah di Interne. Disana kami ada 13 orang, dan kami dibimbing oleh Prof.dr.Nasrul Zubir,Sp.PD dan dr.Arina Widya Murni, Sp.PD bersama residen-residen beliau.

Aku dan teman-teman di kelompok B1 Interne, dari kiri ke kanan: upin, farhan, aidil, aku, yobi, merry, mumut, dina, tuti, diyah, sari, dini, iis😀

Sejauh ini, JC di Interne alhamdulillah menyenangkan, minggu pertama dan kedua materi, selanjutnya kami bakal masuk ke minggu ke-3  dan ke-4, insyaAllah bakal turun ke pasien. Insya Allah….  Akhirnya, inilah saatnya merasakan bagaimana rasanya menjadi seorang calon dokter. Dan di JC ini benar-benar kali pertama bagiku merasakan hawa-hawa menjadi dokter beneran. Semoga Allah meluruskan jalannya kelak amin…. .><.

Motivasi yang luar biasa saat berada di Rumah Sakit memakai jas putih. Memandang kiri dan kanan terlihat staff-staff medis dan pasien berlalu lalang. Inilah kehidupan nyata. Kehidupan masa depan, insyaAllah. Amin..Amin..

*Aku harus belajar nih yang rajin, hha. Plis deh, udah semester terakhir haaa.😛 Ulang-ulang-lah pelajaran tu lagi.. Lanca kaji dek diulang kan?. InsyaAllah..

Ya Allah, nggak kerasa, tinggal 2 blok lagi, ujian kompre, ujian skripsi, ujian osce, semoga I’ll made in time ya Rabb .><. I’ll do my best as usual insyaAllah. Please make my way easier and give me Your bless.. and also my friends tooo, aminnnnnnnnn.! ><

Semangat semuanya!

2 thoughts on “JC Adventure Begins

Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s